Kompas TV regional berita daerah

Lapas Karawang Juga Alami Over Kapasitas, Mitigasi Bencana Terus Disiapkan

Kompas.tv - 9 September 2021, 10:57 WIB
lapas-karawang-juga-alami-over-kapasitas-mitigasi-bencana-terus-disiapkan
Ilustrasi lembaga pemasyarakatan (Lapas). (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Purwanto

KARAWANG, KOMPAS.TV - Kelebihan kapasitas, yang belakangan ini menjadi topik perbincangan publik, juga terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Karawang, Jawa Barat.

Kepala Lapas Kelas IIA Karawang Lenggono mengatakan, jumlah warga binaannya kini mencapai 1.089 orang dari kapasitas semestinya, yaitu 560 tahanan.

"Saat ini jumlahnya 1.089 orang yang menghuni empat blok, karena jumlah penghuni fluktuatif," kata Lenggono dikutip dari Kompas.com, Kamis (9/9/2021).

Lenggono menuturkan, maksud dari jumlah yang fluktuatif tersebut adalah ada tahanan yang bebas namun ada pula yang masuk sebagai titipan dari kejaksaan maupun pengadilan.

Baca Juga: Kebakaran Lapas Tangerang, Anggota Komisi III: Menkumham Harus Tanggung Jawab

Bahkan, Lenggono mengungkapkan, Lapas Kelas IIA Karawang tak jarang juga menerima narapidana pindahan dari lapas atau rutan di luar daerah tersebut.

Lenggono menambahkan, kondisi over kapasitas tersebut semakin parah dengan belum adanya rencana pembangunan blok baru bagi warga binaan.

"Belum ada (rencana penambahan blok tahanan) karena harus ada persetujuan dari pusat dulu," terang Lenggono.

Kendati demikian, untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, upaya mitigasi senantiasa dilakukan oleh pengelola Lapas Kelas IIA Karawang.

Baca Juga: Update Kebakaran Lapas Tangerang: Korban Tewas Bertambah Jadi 43 Orang



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x