Kompas TV nasional politik

Hasil Survei Pilpres: Elektabilitas Prabowo Tertinggi, Puan Maharani di Bawah Ganjar Pranowo

Kompas.tv - 9 September 2021, 07:40 WIB
hasil-survei-pilpres-elektabilitas-prabowo-tertinggi-puan-maharani-di-bawah-ganjar-pranowo
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (Sumber: KOMPAS.COM/RODERICK ADRIAN MOZES)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Nama Puan Maharani kembali dipublikasikan lembaga survei, dalam posisi kalah unggul dalam kemungkinan Pemilihan Presiden. Bahkan, dengan rekan sejawatnya yakni Ganjar Pranowo yang kini memimpin sebagai Gubernur di Jawa Tengah.

Demikian Lembaga Survei & Polling Indonesia (SPIN) mengungkap hasil elektabilitas sejumlah tokoh jika pemilu presiden diadakan hari ini.

Direktur SPIN Igor Dirgantara mengatakan, berdasarkan hasil survei elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berada di posisi pertama. Diikuti oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diperingkat kedua dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di peringkat ketiga.

“Prabowo Subianto kembali juara dengan perolehan elektabilitas 21,9 persen, disusul berturut-turut oleh Anies Baswedan 16,1 persen, Ganjar Pranowo 15,6 persen,” kata Igor dalam rilis Temuan Survei Nasional Elektabilitas Tokoh Pemilu 2024 secara virtual seperti dikutip dari Tribunnews, Rabu (8/9/2021).

Baca Juga: Hasil Survei: Mayoritas Publik Nilai Kerja Jokowi Baik dan Semakin Baik Meski Tanpa Pencitraan

Selanjutnya setelah tiga teratas, Igor menambahkan elektabilitas keempat ditempati oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebesar 8,7 persen. Kemudian kelima, Gubernur Jabar Ridwan Kamil di angkat 5 persen dan Menparekraf Sandiaga Uno dengan perolehan 4,9 persen.

Sementara, Ketua DPR RI Puan Maharani memperoleh 2,3 persen, Mensos Tri Rismaharini 1,8 persen, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa 1,6 persen.

Kemudian, ada juga mantan Panglima TNI Gatot nurmantyo dengan perolehan elektabilitas 1,3 persen, Ketum Golkar Airlangga Hartarto 1 persen, Menteri BUMN Erick Thohir 0,9 persen, Menkopolhukam Mahfud MD 0,7 persen, Tito karnavian 0,7 persen, serta calon lain.

“Seperti yang terlihat pada grafik di atas dalam survei ini juga tentunya masih ada 16,5 persen responden belum menentukan pilihan,” ujarnya.

Baca Juga: Sempat Tak Percaya Omongan Petani, Jokowi: Sembilan Saja Sudah Kaget, Ini Tambah Lagi 14

Dalam argumentasinya, Igor mengatakan posisi Prabowo Subianto yang berada di posisi pertama dinilai publik karena mampu memfokuskan diri dalam kinerjanya di Kementerian Pertahanan. Publik, lanjut Igor, justru merespons baik pejabat dengan latar belakang politisi yang fokus bekerja ketimbang memasang baliho untuk meraih popularitas.

Ditambah lagi, Prabowo Subianto merupakan figure yang sudah cukup dikenal dalam pemilu presiden. Seperti diketahui, Prabowo Subianto sudah mengikuti 3 kali peruntungan dalam pemilu presiden atau sejak tahun 2009.

“Tentunya masih kuat ingatan kolektif publik terhadap sosok Prabowo Subianto. Hal ini menunjukkan Prabowo Subianto tetap ada di hati masyarakat,” ucap Igor.

Sebagai informasi, Survei SPIN digelar 7-21 Agustus 2021. Jumlah responden yang terlibat sebanyak 1670 dengan kategori usia di atas 17 tahun.

Teknik yang digunakan dalam sirvei ini yakni Multistage Random Sampling dengan Margin of Error kurang lebih 2,4 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x