Kompas TV internasional kompas dunia

Taliban Jamin Keamanan dan Kestabilan Investasi untuk China dan Seluruh Negara Asing

Kompas.tv - 9 September 2021, 12:05 WIB
Penulis : Aryo bimo

KABUL, KOMPAS.TV - Pemerintahan baru Afghanistan siap mengembangkan hubungan baik dan menjamin keamanan serta stabilitas investasi bagi China dan seluruh negara asing.

Pernyataan itu disampaikan kepala media dan informasi Taliban Qari Yusuf Ahmadi, dalam wawancara dengan kantor berita China CCTV, Selasa (7/9/2021).

“Nah, seperti yang disebutkan Zabihullah Mujahid dalam pidatonya, pemerintah baru kita akan memiliki hubungan positif dengan China, Rusia dan negara-negara lain,” ucap Ahmadi.

Baca Juga: Taliban Ingin Berhubungan dengan Semua Negara kecuali Israel

Ahmadi mengatakan, Afghanistan tidak pandang bulu dalam menjalin hubungan dengan negara mana pun.

“Perilaku kita akan baik dengan semua negara regional dan masyarakat internasional. Kami tidak memiliki masalah dengan negara atau wilayah mana pun di dunia,” lanjutnya.

Ahmadi menyebut, Afghanistan akan mengeluarkan pengumuman pemerintahan baru setelah Kelompok Taliban mengambil alih wilayah Panjshir.

Baca Juga: Bentuk Pemerintahan Sementara, Taliban Janji Tak akan Ganggu Negara Lain

Ia juga optimis bahwa negaranya akan terus mencari dan mengundang para investor asing untuk ikut menanam modal di Afghanistan.

“Tentu saja, kami mengundang mereka dan mampu memberi mereka lingkungan yang aman untuk berinvestasi di Afghanistan, terutama di daerah-daerah di mana mereka tertarik. Kami akan melakukannya,” pungkasnya.

Video Editor: Lisa Nurjannah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x