Kompas TV regional peristiwa

Aparat Gabungan TNI-Polri Baku Tembak dengan KST Saat Patroli di Maybrat Papua Barat

Kompas.tv - 8 September 2021, 23:41 WIB
aparat-gabungan-tni-polri-baku-tembak-dengan-kst-saat-patroli-di-maybrat-papua-barat
Aparat gabungan TNI-Polri yang terlibat baku tembak dengan kelompok separatis teroris (KST) saat patroli di Kampung Kamat, Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, Minggu (5/9/2021). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Fadhilah

MANOKWARI, KOMPAS.TV – Kontak tembak aparat gabungan TNI-Polri dengan kelompok separatis teroris (KST) terjadi di Kampung Kamat, Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, Minggu (5/9/2021).

Kontak tembak ini terjadi saat aparat gabungan TNI-Polri melakukan patroli pengejaran terhadap KST yang sebelumya menyerang Pos Koramil Kisor, Distrik Aifat Selatan, Maybrat.

Kapala Penerangan Kodam XVIII/Kasuari Letnan Kolonel Arm Hendra Pesireron menjelaskan, awalnya rombongan Danrem 181/PVT Brigjen TNI Indra Heri hendak menuju ke Kisor untuk meninjau Pos Koramil yang diserang KST beberapa waktu lalu.

Dalam perjalanan, rombongan mendapati jembatan yang sengaja dirusak KST di Kampung Kamat, Distrik Aifat Timur, Kabupaten Maybrat.

Baca Juga: TNI Kantongi 20 Nama Penyerangan Di Pos Koramil Kisor

Setelah itu, rombongan melihat sekelompok orang yang menenteng senjata api yang diduga adalah KST.

Tim gabungan TNI-Polri kemudian melakukan pengejaran terhadap KST yang melarikan diri ke dalam hutan, sampai akhirnya terjadi kontak senjata.

Menurut Hendra, aksi penembakan itu terjadi menjelang magrib. Tim gabungan kemudian memutuskan untuk kembali ke Pos Kodim 1809/Maybrat untuk konsolidasi. 

"Saat tim melakukan penyisiran, didapati sejumlah anggota KST yang merusak fasilitas jembatan penyeberangan di wilayah Aifat Timur. Sempat terjadi kontak tembak namun kelompok itu kabur ke hutan lebih cepat," ujar Hendra melalui keterangan tertulis, Rabu (8/9/2021).

Baca Juga: Kapolda Papua Barat Sebut Penyerangan Pos Koramil Kisor yang Tewaskan 4 TNI AD Sudah Direncanakan

Hendra menambahkan, saat ini tim gabungan sudah menduduki sejumlah perkampungan warga yang sempat menjadi lokasi teror kelompok separatis teroris.

Hendra juga menyarankan agar masyarakat sipil di perkampungan Aifat Selatan dan Aifat Timur tidak panik karena sasaran penyisiran tim gabungan adalah kelompok separatis teroris yang melakukan penyerangan pos TNI AD di Kampung Kisor.

"Secara umum situasi Kabupaten Maybrat kondusif, tim gabungan sudah berada di sejumlah kampung untuk menjamin keamanan masyarakat," ujarnya.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x