Kompas TV nasional peristiwa

5 Kebakaran Lapas Terhebat di Berbagai Negara

Kompas.tv - 8 September 2021, 13:56 WIB
5-kebakaran-lapas-terhebat-di-berbagai-negara
Ilustrasi kebakaran (Sumber: Muhamad Syahri Romdhon/KompasTV)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV -  Kebakaran hebat terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang, Rabu (8/9/2021) dini hari. Kebakaran ini mengakibatkan sebanyak 41 korban meninggal.

Diketahui  ada beberapa peristiwa serupa diberbagai negara, berikut data dan  faktanya:

September 2003 (Penjara al-Hair, Arab Saudi)

Sebanyak 67 tahanan tewas akibat kebakaran yang terjadi di Penjara al-Hair, Arab Saudi. Kebakaran penjara ini merupakan kejadian terburuk sepanjang sejarah Arab Saudi. Penyebab kebakaran diduga karena adanya sabotase.

Baca Juga: Korban Tewas Kebakaran Lapas Tangerang: 40 Napi Narkoba 1 Terorisme

Januari 1994 (Penjara Sabaneta, Venezuela)

Sebanyak 108 tahanan tewas usai api membakar Penjara Sabaneta, Venezuela. Berdasarkan keterangan pihak kepolisian, kebakaran ini sengaja dilakukan para tahanan.

Sebelum kebakaran terjadi, para tahanan terlibat kerusuhan yang dipicu oleh bentrokan antar geng. 

Februari 2012 (Penjara Comayagua, Honduras)

Kebakaran hebat terjadi di Penjara Comayagua. Akibat peristiwa itu, 359 narapidana tewas. Korban tewas karena terjebak di dalam penjara. Seluruh tubuh korban hangus terbakar dan sulit untuk dikenali. Penyebab kebakaran ini diduga akibat kelalaian narapidana. Kebakaran ini merupakan yang terburuk di dunia.

Maret 2005 (Penjara Higuey, Republik Dominika)

Sebanyak 136 narapidana tewas di Penjara Higuey, Republik Dominika akibat kebakaran hebat. Peristiwa kebakaran ini dipicu karena perkelahian antar narapidana. Saat itu, para narapidana membakar tempat tidur dan merusak pintu kunci sel.

Mei 2004 (Penjara San Pedro Sula, Honduras)

Kebakaran terjadi di Penjara San Pedro Sula. Korban tewas akibat peristiwa ini adalah 104 orang. Menurut pihak polisi, kebakaran disebabkan mesin kulkas yang meledak dan memicu kebakaran. Menurut salah satu tahanan (JL) yang selamat mengatakan kejadiannya begitu cepat. Dia terbangun dengan kondisi tempat tidur dan baju yang sudah terbakar. Kondisi di dalam penjara tersebut penuh sesak karena telah melebihi kapasitas.

Baca Juga: Kondisi 41 Korban Kebakaran Lapas Tangerang, Menkumham: Sulit Dikenali



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x