Kompas TV regional berita daerah

Perawatan Sastra Kuno Di Daun Lontar

Kompas.tv - 7 September 2021, 14:41 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KLUNGKUNG, KOMPAS TV - Setiap 6 bulan sekali,  umat hindu di bali melaksanakan hari raya saraswati , atau hari turunnya ilmu pengetahuan.

Di kabupaten klungkung , selain persembahyangan , juga dilakukan konservasi atau perawatan ratusan catatan kuno yang tertulis diatas daun lontar yang tersimpan di museum semarajaya, klungkung.

Umat hindu di bali , merayakan hari turunnya ilmu pengetahuan , atau disebut hari raya saraswati .

Jika biasanya upacara atau persembahyangan dilakukan di sekolah-sekolah , namun kali ini karena massa pandemi dan belum ada pembelajaran tatap muka persembahyangan dilaksanakan dirumah masing-masing .

Namun , ada satu yang menarik , di museum semarajaya kabupaten klungkung, dilaksanakan konservasi atau perawatan terhadap lontar-lontar kuno , yang berisi catatan penting .

Mulai dari sejarah kuno , pengobatan tradisional , dan banyak catatan sastra kuno yang diwariskan leluhur .

Yang dirawat untuk dilestarikan oleh penyuluh bahasa bali di klungkung . Harapannya catatan-catatan penting ini bisa diwariskan ilmunya untuk masyarakat ditengah mordenisasi saat ini .

Koordinator penyuluh bahasa bali klungkung , i wayan arta dipa mengatakan  , kegiatan sosial pelestarian ini terus dilakukan walaupun dalam situasi pandemi covid-19 .

Perawatan lontar dilakukan menggunakan sarana minyak sereh dan kemiri , yang diaplikasikan sedemikian rupa , agar lontar tetap terjaga dalam waktu yang lama .

Saat ini , sudah ribuan catatan lontar penting yang sudah dikonsevasi di klungkung , yang berasal dari milik warga perorangan , milik peninggalan kerajaan hingga yang tersimpan di museum pemerintah .

 

 

 

#IWayanArta #LontarKuno #BahasaBali



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x