Kompas TV internasional kompas dunia

Mahasiswa Palestina Produksi Ventilator Lokal Berteknologi Tinggi

Kompas.tv - 7 September 2021, 05:40 WIB
mahasiswa-palestina-produksi-ventilator-lokal-berteknologi-tinggi
Ali Shraydah, seorang insinyur mekatronik yang mengembangkan perangkat lunak untuk ventilator mengoperasikan ventilator yang dikembangkan oleh Universitas Teknik Palestina di kota Tulkarm (PTUK), di Tepi Barat, Palestina (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

TEPI BARAT, KOMPAS.TV – Meski negaranya kerap dilanda konflik, namun ilmuwan Palestina tetap melakukan inovasi untuk berjuang di tengah pandemi Covid-19.

Tim insinyur di Tepi Barat menciptakan ventilator yang dapat mendaur ulang oksigen dari udara, untuk memasok kebutuhan oksigen pasien.

Selain itu, ventilator ini memiliki keunggulan yang dapat dikontrol oleh aplikasi telepon seluler, sehingga dapat mengirimkan informasi kepada dokter mengenai kondisi pasien.

"Selama pandemi virus Corona, para dokter menghadapi masalah untuk mendekati pasien. Jadi ide kami adalah memberi mereka informasi mengenai kondisi pasien dengan perangkat ini, tanpa harus berada di dekat pasien virus corona," kata Ali Shraydah, seorang insinyur mekatronik yang mengembangkan perangkat lunak untuk ventilator tersebut, seperti dikutip dari The Associated Press.

Baca Juga: AS Berencana Buka Konsulat Untuk Palestina di Yerusalem, Israel Lontarkan Peringatan

Ventilator ini dikembangkan oleh empat insinyur dari Universitas Teknik Palestina di kota Tulkarm (PTUK), Tepi Barat dan diumumkan pada publik sejak minggu lalu.

Ventilator dilengkapi dengan 11 sistem dan perangkat ini memiliki beberapa pengaturan yang dapat berubah tergantung pada kondisi pasien.

Ventilator dapat menyediakan oksigen saat pasien tidak bernafas, mengendalikan kecepatan, tekanan dan volume udara yang diberikan kepada pasien, dan kemampuan untuk memantau dan membantu pasien saat pernapasan mereka berubah.

Pengembangnya ingin menyoroti bahwa perangkat ini tidak bergantung pada tangki oksigen dan dapat mendaur ulang oksigen dari udara untuk membantu pasien bernafas.

Setelah membaca laporan teknis yang diterbitkan oleh universitas di Palestina ini, insinyur desain produk yang berbasis di Inggris, Jonathan Mason, mengatakan bahwa ventilator memiliki kemampuan untuk menggunakan oksigen eksternal dan konsentrator oksigen internalnya sendiri.

Kemampuan untuk mengekstrak oksigen dari udara adalah fitur yang hanya dimiliki ventilator berteknologi tinggi.

Pada perangkat ini, proses mengekstrak oksigen dilakukan melalui dua pengatur tekanan yang saling bertukar dan terhubung langsung ke sumber udara dan oksigen.

Baca Juga: Presiden Palestina Mahmoud Abbas Bertemu Menhan Israel Benny Gantz di Tepi Barat, Ada Apa?

Awal tahun ini, beberapa pasien Covid-19 di Yordania dan Mesir meninggal di rumah sakit pemerintah ketika pasokan oksigen mereka habis.

"Tetapi ventilator ini menangani situasi semacam itu secara berbeda; ia dapat mengirimkan peringatan melalui telepon seluler kepada dokter yang menangani pasien," kata Nor al-Din Abu Roob, Presiden PTUK.

Menurut universitas, berbagai prototipe ventilator telah menjalani beberapa uji klinis dan ventilator telah disetujui oleh Lembaga Standar Palestina.

Pihak universitas mengatakan akan bekerja dengan investor swasta untuk memproduksi ventilator.

Awalnya ventilator ini akan dibuat untuk memenuhi pasokan lokal dan kemudian untuk pasar internasional.



Sumber : Kompas TV/The Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x