Kompas TV nasional kesehatan

Politisi Malaysia Soroti Turunnya Kasus Covid-19 di Indonesia

Kompas.tv - 6 September 2021, 15:08 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Turunnya kasus covid-19 di Indonesia jadi sorotan di Negeri Jiran Malaysia yang masih mengalami peningkatan kasus corona.

Sementara, Kementerian Kesehatan menilai, pembatasan kegiatan masyarakat jadi kunci menurunkan kasus covid-19 yang sempat melonjak pada Juli lalu.

Kasus covid-19 di Indonesia terus menurun pada awal September ini. Jumlahnya, bahkan terlihat jauh, jika dibandingkan pada Juli lalu saat terjadi lonjakan kasus covid-19 yang membuat keterisian tempat tidur bagi pasien covid-19 di sejumlah rumah sakit penuh.

Berdasarkan data dari laman covid19.go.id data kasus harian covid-19 di Indonesia pada 1 September 2021 sebanyak 10.337 kasus. Lalu menurun menjadi 8.955 kasus pada 2 September. Pada 3 September, ada 7.797 kasus dan menurun lagi pada 4 September menjadi 6.727 kasus.

Jumlah ini jauh berkurang jika dibandingkan pada 15 Juli lalu saat terjadi rekor harian kasus covid-19 yang mencapai 56.757 kasus.

Baca Juga: Positif Covid-19, Perempuan Malaysia Melahirkan Sendirian Tanpa Dokter di Rumah Sakit

Penurunan signifikan kasus covid-19 di Indonesia yang kurang dari 2 bulan ini pun disoroti Politisi Malaysia, Lim Kit Siang.

Dalam pernyataannya di Detik.com, Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi menjelaskan pembatasan kegiatan masyarakat jadi kunci dalam menurunkan kasus covid-19 yang sempat melonjak pada Juli lalu.

Perpanjangan masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM untuk periode 31 Agustus, hingga 6 September akan berakhir hari ini.

Evaluasi masih dilakukan pemerintah untuk memutuskan kembali memperpanjang PPKM dengan perubahan status levelnya di setiap daerah atau justru tidak memperpanjangnya.

Namun merujuk dari data yang ada, pembatasan aktivitas terbukti jadi salah satu langkah ampuh untuk menurunkan kasus covid-19 di tanah air. Hal ini terlihat dari turunnya angka kasus covid-19 seiring dengan diterapkannya PPKM.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x