Kompas TV regional berita daerah

Mengenal Maria Rengganis, Komikus Belia dengan Karya yang Mendunia

Kompas.tv - 2 September 2021, 13:40 WIB
mengenal-maria-rengganis-komikus-belia-dengan-karya-yang-mendunia
Maria Rengganis, komikus muda dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah yang karyanya telah mendunia. (Sumber: KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAIN)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Purwanto

BANYUMAS, KOMPAS.TV - Siapa sangka, dari sebuah desa lahir seorang komikus belia dengan karya yang mendunia hingga telah diterjemahkan ke enam bahasa berbeda.

Ia adalah Maria Rengganis (24) atau Megan, gadis asal Desa Ciberem, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Megan yang memiliki nama pena, Blacklapiz, mulai dikenal oleh para pecinta komik dunia setelah menerbitkan karya yang berjudul The Witch's Heart.

Karya yang dipublikasi melalui kanal Line Webtoon ini telah dilihat sebanyak 3,4 juta kali, difavoritkan oleh 113.200 orang, serta mendapat rating 9,86.

Baca Juga: Komik Super Langka Edisi Perdana Superman Terjual 3,25 Juta Dollar AS, Setara 47,1 Miliar Rupiah

"Sudah diadaptasi ke beberapa bahasa, mereka izin sama saya. Ada bahasa Inggris, Rusia, Portugis, Filipina, Thailand, dan Arab," ungkap Megan, seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (2/9/2021).

Alumnus Universitas Atma Jaya Yogyakarta tersebut mengaku, komiknya pun kerap masuk trending rekomendasi untuk pembaca Line Webtoon.

Hingga saat ini, Megan mengatakan, komiknya telah memasuki episode ke-26 dan rencananya akan dibuat hingga 45 babak cerita.

"Mudah-mudahan tahun depan selesai. Lagi cari asisten lagi untuk line art dan finishing. Sekarang baru ada satu asisten," ungkap Megan.

Baca Juga: Perkenalkan Jojo, Koko, dan Wiwi, Tokoh Utama Komik yang Diunggah Presiden Joko Widodo



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x