Kompas TV internasional kompas dunia

Orang Terkaya di Dunia Jual Saham Carrefour Dapat Rp 12 Triliun

Kompas.tv - 2 September 2021, 09:47 WIB
orang-terkaya-di-dunia-jual-saham-carrefour-dapat-rp-12-triliun
Barnard Arnault, pemilik Louis Vuitton, orang terkaya ke 3 dunia 2020 (Sumber: AP Photo)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

NEW YORK, KOMPAS.TV- Bos Louis Vuitton Moet Hennessy (LVMH) Bernard Arnault, menjual seluruh saham Carrefour yang dimilikinya. Arnault, yang merupakan orang terkaya ketiga di dunia itu mendapatkan uang sebesar Rp 12 triliun, dari penjualan sisa 5,7 persen saham Carrefour terakhir miliknya.

Mengutip dari Bloomberg, Kamis (02/09/2021), Arnault menjual saham tersebut lewat perusahaan keuangan Financière Agache. Saham yang dilepas Arnault kemudian dibeli oleh perusahaan Kanada, Couche-Tard.

Saham Carrefour milik Arnault dilego dengan harga 16 euro per lembar saham.

Bernard Arnault pertama kali membeli saham Carrefour pada 2007, seharga 47 euro. Lewat pembelian itu, ia memiliki 9,8 persen dari keseluruhan total saham Carrefour dan menjadikannya satu dari tiga pemegang saham terbesar di Carrefour. Selain Arnault, ada keluarga Moulin dan pengusaha Brasil Abilio dos Santos Diniz.

Sejumlah analis menilai, aksi korporasi itu membuat Arnault merugi. Lantaran harga saham yang didapatnya saat ini hanya 16 euro. Namun manajemen Agache menyangkalnya.

Baca Juga: Miliarder Inggris Richard Branson Sukses Terbang ke Luar Angkasa

Arnault mulai melepas saham Carrefour miliknya pada September 2020 hingga kini menjual seluruh sisanya. Arnault menyatakan akan memfokuskan kembali investasinya, yaitu di bidang fesyen. Pada Februari lalu, Arnault membeli saham produsen sandal Birkenstock.

Chairman and Chief Executive Carrefour Alexandre Bompard mengungkapkan rasa terimakasih nya pada Arnault, atas kerja sama selama ini.

“Agache sudah mendukung Grup Carrefour selama 14 tahun terakhir. Sejak saya menjabat, saya mendapat kepercayaan dan dukungan tak terhingga dari Bernard Arnault di setiap tahapan transformasi grup. Saya sangat berterima kasih padanya," ujar Bompard.

Arnault adalah orang terkaya di Prancis dan terkaya ketiga di dunia setelah Jeff Bezos dan Elon Musk. Kekayaannya diperkirakan mencapai 150 miliar dollar AS. 



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x