Kompas TV internasional kompas dunia

Sorak Sorai! Pro-Taliban Rayakan Ambil Alih Penuh Negara Afghanistan

Kompas.tv - 1 September 2021, 14:46 WIB
Penulis : Theo Reza

KANDAHAR, KOMPAS.TV – Perayaan digelar di beberapa bagian Kandahar, Afghanistan pada hari Selasa menyusul pengambilalihan penuh Taliban atas negara dan ibukotanya Kabul.

Para pendukung Taliban di Kandahar menyalakan kembang api dilepaskan dan klakson mobil saling saut menyaut di jalanan.

Seorang anggota di kantor politik Taliban juga telah memberi selamat kepada warga Afghanistan atas kemenangan besar dalam mencapai kemerdekaan penuh negara ketika pasukan AS ditarik Keluar.

Baca Juga: Taliban Kuasai Bandara Kabul usai Pesawat AS Tinggalkan Afghanistan

Diketahui sebelumnya, Ribuan tentara telah menghabiskan dua minggu yang mengerikan untuk melindungi pengangkutan udara yang dinilai tergesa-gesa dan berisiko dari puluhan ribu warga Afghanistan, Amerika, dan lainnya yang berusaha melarikan diri dari negara yang kini diperintah oleh gerilyawan Taliban.

Jam-jam penutupan evakuasi ditandai dengan drama yang luar biasa. Pasukan Amerika menghadapi tugas berat untuk mendapatkan pengungsi terakhir ke pesawat sementara juga mengeluarkan diri mereka sendiri dan beberapa peralatan mereka

Setidaknya dua serangan aktual oleh afiliasi kelompok ISIS di Afghanistan. Sebuah bom bunuh diri pada 26 Agustus menewaskan 13 tentara Amerika dan sekitar 169 warga Afghanistan.

Video Editor: Febi Ramdani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x