Kompas TV regional berita daerah

Anggota DPRD Sitaro Donor Konvalesen

Kompas.tv - 30 Agustus 2021, 15:32 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MANADO, KOMPAS.TV- Tingginya kebutuhan plasma darah di Unit Transfusi Darah RSUP Profesor Kandou kota Manado, membuat salah seorang anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Sitaro bersedia melakukan donor konvalesen untuk kedua kalinya.

Sempat terpapar COVID-19 pada bulan Juli yang lalu, Moghtar Kaudis, seorang penyintas COVID-19 yang sehari-hari merupakan anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Sitaro, bersedia melakukan donor konvalesen untuk kedua kalinya.

Niat mendonorkan plasma untuk kali kedua ini, didasari pada tingginya kebutuhan plasma darah di Sulawesi Utara lantaran  kasus pasien terkonfirmasi positif yang dirawat di Rumah Sakit masih tergolong tinggi.

Sementara itu, kepala Unit Transfusi Darah RSUP Profesor Kandou Sumilat Lapian mengatakan, permintaan donor konvalesen cukup tinggi, namun seringkali kebutuhan tak diimbangi dengan ketersediaan pasokan.

Bahkan ada plasma yang terpaksa harus didatangkan dari luar Sulawesi Utara, untuk membantu pasien yang sangat membutuhkan donor plasma.

Plasma konvalesen telah dimasukkan dalam pedoman penanganan COVID-19 sebagai terapi tambahan, sesuai rekomendasi dokter yang menangani pasien.

Seorang penyintas COVID-19 yang memenuhi syarat untuk melakukan donor plasma konvalesen, setidaknya bisa tiga kali mendonorkan plasamanya untuk membantu pasien yang terpapar virus korona.

#kompastvmanado #plasmakonvalesen #dprdsitaro

Yannemieke Singal Kompas tv Manado

Saksikan Siaran Kompastv :                   

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x