Kompas TV nasional politik

Kunci Keberhasilan Penanganan Covid-19, Megawati: Nilai-Nilai Gotong Royong Pancasila

Kompas.tv - 28 Agustus 2021, 20:02 WIB
kunci-keberhasilan-penanganan-covid-19-megawati-nilai-nilai-gotong-royong-pancasila
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Presiden ke-5 RI Megawati Soekarno Putri (Sumber: KOMPAS/RODERICK ADRIAN MOZES)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PDIP sekaligus Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri menyebut, keberhasilan Indonesia melalui pandemi Covid-19 hingga saat ini tidak lepas dari nilai-nilai Pancasila, yakni sifat gotong royong.

Hal tersebut disampaikan Megawati dalam pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan pimpinan parpol koalisi di Istana Negara, Rabu (25/8/2021).

"Apa yang membuat kita menjadi seperti yang Bapak katakan, karena kita ini, menurut saya, punya Pancasila. Pancasila di lapangan itu gotong royong, alhamdulilah," terang Megawati dalam video pertemuan yang juga diunggah di akun YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (28/8/2021).

Baca Juga: Apresiasi Kebijakan Sertifikat Vaksin, Megawati: Efektif Mengetatkan Prokes

Menurut Megawati, yang paling penting saat ini adalah kepatuhan semua pihak dalam melaksanakan protokol kesehatan, gotong-royong, karena belum ada yang mengetahui seberapa cepat vaksinasi akan bisa meruntuhkan penularan Covid-19.

Lebih-lebih, kata dia, saat ini varian baru virus corona telah masuk ke Indonesia sehingga penanganan pandemi dengan vaksinasi harus saling berkejaran.

"Tapi yang paling penting sebenarnya inti dari persoalan itu adalah satu kedisiplinan dari masyarakat dan pengetahuan singkat dari masyarakat bahwa sebenarnya vaksin ini bukan obat tapi membuat imunitas kita menjadi tinggi," jelas Megawati.

"Mengapa sudah ada yang divaksin bertanya, kok kena lagi, karena ya sudah lupa kehati-hatian dan sangat populer sekarang adalah protokol kesehatan," tambahnya.

Pada kesempatan sama, Megawati juga mengungkapkan bahwa keberhasilan prokes juga didukung oleh kebijakan sertifikat vaksin.

"Untung sudah ada surat vaksinasi. Itu juga sebuah bagian yang saya bilang sangat efektif. Di sisi ekonomi kalau menurut saya, ini segera rakyat mengetahui bahwa vaksinasi ini bisa sangat berperan tapi tetap dengan protokol kesehatan," jelas Megawati.

Menurut Presiden ke-5 RI itu, sertifikat vaksin membuat ekonomi dapat berjalan di tengah pandemi Covid-19, meskipun belum dibuka sepenuhnya.

Seperti diketahui, selain Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, turut hadir juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar. 

Ada juga Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Suharso Monoarfa, dan Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan.

Baca Juga: Megawati di Pertemuan Istana: Penanganan Covid-19 oleh Jokowi Sudah di Jalur Benar

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x