Kompas TV internasional kompas dunia

Media Internasional Ramai Beritakan Bangkai Harimau Sumatra di Aceh

Jumat, 27 Agustus 2021 | 20:10 WIB
media-internasional-ramai-beritakan-bangkai-harimau-sumatra-di-aceh
Media internasional mengutip tiga harimau sumatra yang dibunuh adalah seekor induk dan dua anaknya, yang mati karena luka-luka dan infeksi dari perangkap tali. Penyidik memeriksa mayat satu harimau sumatra itu, di Desa Le Buboh, Aceh Selatan, Kamis 26 Agustus 2021. (Sumber: AP Photo/Tuah Albanna/Yayan Zamzami)

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Media internasional ramai memberitakan nasib harimau sumatra yang ditemukan tewas di Taman Nasional Ekosistem Leuser.

Harimau sumatra yang terdiri dari satu induk dan dua ekor anak itu diduga dibunuh, karena ditemukan tewas dalam keadaan terperangkap tali.

Kantor berita internasional seperti Associated Press, dan media-media dunia seperti Bloomberg, ABC News, Xinhua, Mongabay, dan Berliner Zeitung ramai memberitakan kematian induk dan dua anak harimau sumatra di Aceh Selatan itu.

Sementara media sosial berbahasa asing ramai dengan keprihatinan atas pembunuhan satwa yang sangat terancam punah tersebut. 

Media internasional mengutip tiga harimau sumatra itu mati karena luka-luka dan infeksi dari perangkap tali yang dipasang oleh pemburu liar, kata pihak berwenang, Jumat.

Harimau sumatra masuk dalam klasifikasi Critically Endangered oleh IUCN Red List of Threatened Species yang diperkirakan populasinya saat ini berkisar 400 – 500 individu.

Tiga ekor harimau sumatra yang terancam punah, termasuk dua ekor anaknya, ditemukan mati pada Selasa (24/8/2021), di Taman Nasional Ekosistem Pegunungan Leuser, Pulau Sumatera, kata Kepala Balai Taman Nasional Ekosistem Leuser Agus Arianto.

Taman Nasional Kawasan Ekosistem Gunung Leuser adalah kawasan hutan lebat untuk konservasi harimau sumatra di Provinsi Aceh, kemungkinan besar benteng terakhir dari hewan yang terancam punah selain Tambling di Provinsi Lampung.

Baca Juga: 3 Harimau Sumatera Mati Terjerat Jebakan untuk Babi

Petugas mengobservasi mayat satu dari tiga harimau sumatera yang ditemukan mati di desa Ie Buboh di Aceh Selatan, Indonesia, Kamis, 26 Agustus 2021. (Sumber: AP Photo/Tuah Albanna/Yayan Zamzami)

Lebih lanjut Arianto menambahkan, jenazah anak harimau jantan ditemukan pada Kamis sekitar 5 meter, katanya. Pemeriksaan menyimpulkan induk dan dua anak harimau itu meninggal karena luka infeksi yang disebabkan oleh jebakan pemburu liar, kata Arianto.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV/Associated Press/Bloomberg/Mongabay


BERITA LAINNYA


AIMAN

Siapa Sih, Gubernur Bakal Capres?

Senin, 25 Oktober 2021 | 04:05 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
04:57
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19