Kompas TV nasional peristiwa

Peletakan Batu Pertama, Anies Baswedan Usul Masjid At Tabayyun Meruya Raih Sertifikat Green Building

Kompas.tv - 27 Agustus 2021, 13:54 WIB
peletakan-batu-pertama-anies-baswedan-usul-masjid-at-tabayyun-meruya-raih-sertifikat-green-building
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menandatangani prasasti pembangunan Masjid At-Tabayyun, Taman Vila Meruya, Jakarta Barat, Jumat (27/8/2021). (Sumber: Kompas.com/SONYA TERESA)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengusulkan Masjid At Tabayyun di Kompleks Perumahan Taman Villa Meruya (TVM), Jakarta Barat untuk raih Green Building atau sertifikasi gedung ramah lingkungan.

Hal itu disampaikan Anies untuk mendukung lahan hijau yang digunakan masjid tetap ramah lingkungan.

"Sehingga walaupun di sini ada gedung, di sini tetap menjadi serapan yang hijau dan ramah lingkungan. Jadikan tempat ini sebagai lahan yang ramah lingkungan," kata Anies Baswedan saat memberi sambutan dalam Peletakan Batu Pertama di Masjid At Tabayyun, Jumat (27/8/2021).

Lebih lanjut Anies menjelaskan Green Building yang dimaksud memiliki beberapa rating, mulai dari simbol brown, silver, gold, hingga tertinggi, yaitu platinum.

Anies optimistis Masjid At Tabayyun akan bisa meraih sertifikat green building level platinum.

Sebab, berdasarkan informasi yang diperoleh kata Anies masjid yang menempati Ruang Terbuka Hijau (RTH) ini akan menggunakan sistem listrik dan air yang ramah lingkungan.

"Insya Allah tempat ini harus level platinum artinya semua energi yang digunakan akan menggunakan surya panel untuk listriknya. Sementara airnya, akan diolah 100 persen di recycle total dimanfaatkan kembali untuk balik ke tanah," lanjutnya.

Perlu diketahui untuk meraih sertifikasi green building, pengelola Masjid At Tabayyun perlu mengeluarkan biaya hingga nantinya akan dinilai oleh Green Building Council Indonesia (GBCI).

Selain menyarankan agar mendapat sertifikat green building, Anies Baswedan juga mengimbau pengelola untuk memperhatikan penggunaan speaker dan parkir.

Hal itu, kata Anies, mengingat masjid yang telah diperjuangan masyarakat muslim TVM selama 30 tahun ini berada di sebuah kompleks dan ruang bersama.

Anies berharap pengelolaannya dapat meneduhkan dan membuat tenang seluruh masyarakat di TVM.

"Kita tunjukan parkir, sound system pengelolaannya modern. Sehingga kita tunjukan ketenangan dan keteduhan dengan hadirnya masjid ini," terangnya.

Baca Juga: Anies Baswedan Diagendakan Salat Jumat dan Peletakan Batu Pertama di Masjid At Tabayyun Meruya

Tak lupa, Anies juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh penggagas yang telah berikhtiar sesuai dengan prosedur ketentuan hukum.

Masjid At Tabayyun yang akan dibangun di Kompleks Perumahan Taman Villa Meruya (TVM), Jakarta Barat (Sumber: Kompastv/Ant)

Menurut Anies dengan telah mendapat izin dan taat prosedur maka Masjid At Tabayyun sudah memiliki perlindungan kuat dari pemerintah.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x