Kompas TV regional berita daerah

Relawan Kesehatan Bantu Percepat Vaksinasi Khusus Disabilitas dan ODGJ

Kompas.tv - 26 Agustus 2021, 19:00 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Kepolisian Resor Jember Jawa Timur menerjunkan relawan pendamping vaksinasi penyandang disabilitas dan orang dengan gangguan jiwa. Relawan itu dibentuk untuk membantu pemerintah mempercepat vaksinasi.

Tim relawan pendamping vaksinasi terdiri dari dokter, perawat dan masyarakat umum. Mereka bertugas mendampingi tim satgas penanganan Covid-19 dalam percepatan vaksinasi masyarakat, khususnya warga penyandang disabilitas dan orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ.

Relawan itu membantu pemerintah mensosialisasikan vaksinasi ke masyarakat, terutama ke kelompok minoritas, seperti peyandang disabilitas dan ODGJ yang jarang tersentuh program pemerintah.

Baca Juga: Vaksinasi Digelar dengan Hadiah Sembako, Menyasar Disabilitas dan Perantau

Tim relawan juga bertugas menjemput dan mengantar penyandang disabiltas maupun ODGJ ke tempat vaksinasi.

Ketua Relawan Pendamping, dr I Nyoman Semita menjelaskan bahwa sejauh ini tim relawan telah mengantar 24 penyandang disabilitas dan 3 ODGJ ke lokasi vaksinasi.

Para peyandang disabilitas mengaku terbantu dengan keberadaan relawan pendamping tersebut. Karena relawan itu mempermudah mereka mengakses fasilitas kesehatan. Salah satunya dirasakan oleh penyandang disabiltas, Heru Mulyono.

“Saya sangat terbantu dengan adanya relawan, mereka menjemput dan mengantar saya ke tempat vaksinasi, lalu mengantar kembali ke rumah saya,” ujar Heru.  

Tim relawan pendamping juga membantu memulihkan trauma penyintas Covid-19 dan membantu warga memahami informasi seputar covid agar tidak terpengaruh hoaks.

 

#Relawan #Vaksinasi #Disabilitas #ODGJ #PolresJember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x