Kompas TV regional peristiwa

Gawat, 3 KKB Telah Bergabung di Yahukimo Papua, Disebut Penembak Terlatih yang Bunuh Warga dan TNI

Kompas.tv - 26 Agustus 2021, 02:48 WIB
gawat-3-kkb-telah-bergabung-di-yahukimo-papua-disebut-penembak-terlatih-yang-bunuh-warga-dan-tni
Ilustrasi anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua juga tampak bendera bintang kejora. (Sumber: Tribun Manado)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Vyara Lestari

PAPUA, KOMPAS.TV - Kepala Satuan Tugas Penegakan Hukum Nemangkawi, Kombes Faisal Ramadhani, mengungkapkan tiga kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua sudah menyatakan bergabung.

Ketiga kelompok bersenjata tersebut yakni masing-masing pimpinan Tenius Gwijangge, Temianus Magayang dan Senat Soll.

Baca Juga: KKB Tenius Gwijangge Diduga Punya Enam Senjata Api, Dua Disebut Milik Kostrad

Faisal menuturkan, tiga kelompok bersenjata itu diduga dalang di balik sejumlah aksi kekerasan terhadap warga sipil di Yahukimo, Papua.

"Memang benar dari penyelidikan yang dilakukan, terungkap kelompok yang menebar teror dengan membunuh warga sipil dan anggota TNI AD," kata Kombes Faisal dikutip dari Antara pada Rabu (25/8/2021).

Faisal mengatakan, selama Agustus 2021, aksi yang dilakukan KKB telah menewaskan tiga warga sipil. Tak hanya itu, mereka juga melakukan sejumlah aksi pembakaran.

Faisal menyebut, KKB di Yahukimo sudah bercampur dengan masyarakat setempat maupun mereka yang datang dari Kabupaten Nduga.

Baca Juga: Kronologi 2 Pekerja Jembatan Yahukimo Papua Diduga Dibunuh KKB, Mobilnya Dibakar

Jumlah mereka, kata Faisal, ada sekitar 30 orang. Dari puluhan orang itu, beberapa di antaranya merupakan penembak yang terlatih yang saat ini memiliki enam pucuk senjata api.

Adapun dari dua senjata yang mereka miliki, dua di antaranya merupakan senapan jenis SS2 yang dirampas dari anggota TNI di Dekai pada Mei lalu.

Faisal menceritakan bagaimana anggota KKB yang telah bergabung di Yahukimo itu merupakan penembak terlatih karena tembakannya terarah dan mengumpul.

Hal itu diketahui ketika anggota Satgas Nemangkawi ditembaki KKB saat melakukan evakuasi terhadap jasad kedua pekerja jembatan di Yahukimo. 

Baca Juga: KKB Diduga Bunuh 2 Pekerja PT Indo Papua yang Tengah Bangun Jembatan di Yahukimo



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x