Kompas TV internasional kompas dunia

Rusia Mendadak Putuskan Evakuasi Seluruh Warganya dari Afghanistan, Pertanda Buruk?

Kompas.tv - 26 Agustus 2021, 05:35 WIB
rusia-mendadak-putuskan-evakuasi-seluruh-warganya-dari-afghanistan-pertanda-buruk
Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara di Moskow. Rusia akhirnya memutuskan untuk mengevakuasi seluruh warganya dari Afghanistan. Empat pesawat militer Rusia mengevakuasi warga Rusia dan warga negara lainnya dari Kabul hari Rabu (25/08/2021) atas perintah Presiden Vladimir Putin (Sumber: The Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

MOSKOW, KOMPAS.TV - Rusia akhirnya memutuskan untuk mengevakuasi seluruh warganya dari Afghanistan. Empat pesawat militer Rusia mengevakuasi warga Rusia dan warga negara lainnya dari Kabul hari Rabu (25/08/2021) atas perintah Presiden Vladimir Putin, saat Moskow menggelar latihan militer yang melibatkan pasukan tanknya di negara tetangga Tajikistan, seperti dilansir The Straits Times, Rabu. 

Penerbangan evakuasi seluruh warga Rusia itu menandai perubahan sikap Rusia yang mendadak terhadap Afghanistan yang kini dikuasai Taliban. 

Duta Besar Rusia untuk Afghanistan sebelumnya memuji perilaku Taliban dan mengatakan kelompok itu, yang masih secara resmi ditetapkan sebagai organisasi teroris di Rusia, membuat Kabul lebih aman dalam 24 jam pertama mereka menguasai Kabul daripada di bawah otoritas sebelumnya.

Tetapi Kremlin mengatakan hari Rabu bahwa situasinya sangat tegang dan, mengutip kehadiran Negara Islam di Afghanistan serta Taliban, Rusia mengatakan ancaman teroris saat ini dan ke depan "sangat tinggi".

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan sedang mengevakuasi lebih dari 500 orang dari Afghanistan, termasuk warga Rusia, Belarus, Kirgistan, Tajikistan, Uzbekistan, dan Ukraina.

Keluarnya Amerika Serikat (AS) dari Afghanistan adalah masalah keamanan bagi Moskow, yang melihat Afghanistan sebagai sayap pertahanan selatannya dan khawatir akan penyebaran Islamisme radikal.

Baca Juga: Rusia Umumkan Turki Beli Tambahan Peluru Kendali S-400, Turki Pastikan Sekutu NATO Khawatir

Awak pesawat Angkatan Udara AS, dari Skuadron Angkutan Udara Ekspedisi ke-816, membantu para pengungsi menaiki pesawat C-17 Globemaster III Angkatan Udara AS untuk evakuasi Afghanistan di Bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul, Afghanistan, Sabtu, 21 Agustus 2021. (Sumber: Senior Airman Taylor Crul/U.S. Air Force via AP)

Moskow memperkuat pangkalan dan kekuatan militer di Tajikistan, di mana Rusia mengadakan latihan bersama selama satu bulan.

Rusia tampaknya belajar dari intervensi gagal Uni Soviet di Afghanistan pada 1980an dan menyatakan tidak ada rencana mengerahkan angkatan bersenjatanya di sana.

Pada hari Rabu, kementerian pertahanan Rusia mengatakan telah mengerahkan sejumlah tank T-72 ke pegunungan Tajikistan untuk latihan menembak sasaran jarak jauh, menurut laporan kantor berita Interfax.

Pemerintah Rusia berencana meminta akses penerbangan keluar dari Afghanistan pada bulan September bagi siswa Afghanistan yang berencana untuk belajar di Rusia, kata kedutaan besar Rusia di Kabul hari Selasa.

Seorang pemimpin diaspora Afghanistan mengatakan kepada kantor berita Rusia RIA pada hari Rabu bahwa pihak berwenang Rusia akan mengizinkan sekitar 1.000 warga Afghanistan untuk datang ke Rusia.

Pemimpin diaspora Afghanistan di Rusia, Ghulam Mohammad Jalal, mengatakan, warga Afghanistan dengan paspor Rusia, pemegang hak tinggal, visa kerja dan mereka yang belajar di Rusia akan diizinkan masuk begitu penerbangan tersedia.

 



Sumber : The Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x