Kompas TV internasional kompas dunia

Tuduh AS Politisasi Covid-19, China: Bersiap Untuk Serangan Balasan Kami!

Kompas.tv - 25 Agustus 2021, 23:53 WIB
Penulis : Aryo bimo

BEIJING, KOMPAS.TV - Pemerintah China menanggapi beredarnya laporan intelijen dari pemerintah Amerika serikat tentang asal virus Corona.

Pernyataan itu disampaikan oleh dirjen pengendalian senjata kementerian luar negeri China, Fu Cong, di Beijing, Rabu (25/8/2021).

Baca Juga: Jubir Kemlu China: Kami Mendukung Perdamaian dan Rekonstruksi di Afghanistan

Fu Cong menegaskan, Amerika Serikat tidak dapat mencuci tangan dengan cara mengkambinghitamkan China.

Fu Cong menyebut, Amerika Serikat harus siap untuk menerima serangan balasan dari China apabila mereka terus melancarkan tuduhan tidak berdasar mengenai asal virus Corona.

"Kami akan terus bekerja sama dengan organisasi internasional seperti WHO dalam riset mereka dan dalam pencarian asal (virus Corona). Tetapi kami tidak menerima tuduhan tidak berdasar yang bermotif politik. Jika mereka ingin menuduh China tanpa dasar, mereka sebaiknya siap menerima serangan balik dari China," ucap Fu Cong.

Baca Juga: Taliban: China Berperan Penting dalam Proses Perdamaian dan Rekonstruksi Afghanistan

Pemerintah China, AS, dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terjerat dalam perseteruan yang berpusat pada apakah virus yang menyebabkan Covid-19 bocor dari laboratorium di kota Wuhan, tempat penyakit itu pertama kali terdeteksi pada akhir 2019.

Sebuah laporan bersama WHO-China awal tahun ini menyimpulkan bahwa kebocoran laboratorium "sangat tidak mungkin" dan China ingin penyelidikan beralih ke kemungkinan lain.

Video Editor: Faqih Fisabilillah



Sumber : APTN

BERITA LAINNYA



Close Ads x