Kompas TV internasional kompas dunia

Taliban: China Berperan Penting dalam Proses Perdamaian dan Rekonstruksi Afghanistan

Kompas.tv - 20 Agustus 2021, 21:25 WIB
Penulis : Aryo bimo

DOHA, KOMPAS.TV - Juru bicara Kelompok Militan Taliban, Suhail Shaheen, mengatakan bahwa Pemerintah China memiliki peranan penting dalam membangun perdamaian di Afghanistan.

Shaheen juga menyebut Pemerintah China berkontribusi besar dalam proses rekonstruksi di Afghanistan.

Pernyataan ini disampaikan SuhailSshaheen dalam wawancara virtual dengan China Media Group (CMG) dari Doha, Qatar, Kamis (19/8/2021).

Shaheen menambahkan, China adalah negara besar yang menghormati kedaulatan Afghanistan.

“Saya pikir China adalah negara tetangga yang hebat. Mereka membuat keputusan yang sangat rasional dan kedutaan mereka tetap di Kabul. Mereka juga sangat kooperatif,” ucap Shaheen.

Shaheen berharap hubungan Taliban dan China dapat membuat negara tirai bambu itu berkonstribusi terhadap pembangunan Kembali Afghanistan.

“Mereka berkontribusi secara positif untuk perdamaian dan konsolidasi dan kami berharap mereka juga berkontribusi dalam rekonstruksi Afghanistan,” lanjutnya.

"Tentu, kami sering berkunjung ke China dan mereka berperan penting dalam perdamaian dan konsolidasi di Afghanistan," pungkasnya.

Video Editor: Mukhammad Rengga



Sumber : China Media Group

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.