Kompas TV nasional peristiwa

Soal Penanganan Covid-19, Luhut: Jangan Underestimate pada Kemampuan Bangsa Kita

Kompas.tv - 24 Agustus 2021, 13:45 WIB
soal-penanganan-covid-19-luhut-jangan-underestimate-pada-kemampuan-bangsa-kita
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengajak seluruh pihak untuk tidak memandang sebelah mata terhadap kemapuan Indonesia dalam menangani pandemi Covid-19. 

Pernyataan ini Luhut sampaikan, karena menurut penilaiannya masih banyak orang asing maupun masyarakat Indonesia yang pesimis pada penanganan Covid-19 yang dilakukan pemerintah.

"Begitu kejadian (serangan Delta), saya baca banyak sekali yang pesimis, bilang ini salah, kurang ini dan segala macam," kata Luhut dalam Rakornas  Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) ke-31 secara daring, Selasa (24/8/2021). 

Luhut kemudian menekankan bahwa pemerintah tengah bekerja keras untuk dapat menekan laju penyebaran Covid-19, terlebih adanya penularan varian Delta ini.

Dia juga mengaku telah mengumpulkan para ahli untuk merumuskan kebijakan tersebut.

"Kami kan juga kumpulin orang-orang pintar untuk masuk dalam tim dan merumuskan langkah apa saja yang terbaik, dan apa yang kita lakukan saat ini, menurut kami dan epidemiolog-epidemiolog sudah langkah yang baik." ucap Luhut.

"Jadi kita jangan underestimate pada kemampuan bangsa kita," tegasnya. 

Baca Juga: Luhut Ajak Tokoh Agama Imbau Warga Terpapar Covid-19 Lakukan Isoter

Luhut menuturkan penanganan Covid-19 di Indonesia dinilai sudah lebih baik dari negara lain.

Namun dia tetap menenekankan bahwa masyarakat di Indonesia harus tetap waspada pada penularan virus tersebut, mengingat masih adanya varian Delta yang memiliki penyebaran yang tinggi. 

"Saya mengatakan, hari ini kita jauh lebih bagus dari negara lain, tapi apakah kita sudah hebat? Ya belum, karena terlalu banyak ketidaktahuan kita mengenai Delta varian ini. Kita harus siap bersama-sama kompak, tidak perlu saling menyalahkan," ungkapnya. 

Pada kesempatan itu, Luhut juga menyatakan bahwa target pemerintah kedepan sudah tidak semata fokus pada target herd immunity atau kekebalan kelompok. 

Akan tetapi, pemerintah akan mengendalikan Covid-19 dengan gencar meningkatkan 3T (testing, tracing, dan treatment), mensosialisasikan 3M (mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker) yang bisa mencegah kontak dan memutus penyebaran Covid-19.

Tak hanya itu, upaya pemerintah dalam menekan laju penularan Covid-19 dengan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2-4 untuk membatasi mobilitas masyarakat.

Baca Juga: Presiden Jokowi: PPKM Diperpanjang sampai 30 Agustus 2021



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x