Kompas TV regional peristiwa

Saat Jokowi Resmikan Tol Balsam Hari Ini, Warga Kukar Dilarang Demo Tuntut Ganti Rugi

Kompas.tv - 24 Agustus 2021, 07:23 WIB
saat-jokowi-resmikan-tol-balsam-hari-ini-warga-kukar-dilarang-demo-tuntut-ganti-rugi
Warga Kukar Demo jelang kedatangan Presiden Jokowi (Sumber:Kompas.Com-)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan seksi I dan V Jalan Tol Balikpapan – Samarinda (Balsam) hari ini, Selasa (24/8/2021).

Di tengah acara seremoni itu, ada puluhan warga dari dua kelurahan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim), yang ingin berdemo terkait ganti rugi lahan.

Perwakilan warga, Drinus Aruan, mengatakan mereka ingin menagih janji pembayaran ganti rugi lahan yang dipakai untuk pembangunan Jalan Tol Balsam. Sebanyak 42 kepala keluarga dari Kelurahan Sungai Merdeka dan Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja memiliki lahan seluas 26 hektar terkena lintasan tol. 

Baca Juga: Jokowi Resmikan Jalan Tol Dalam Kota Jakarta Segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang


Namun, sebelum Presiden tiba, mereka diminta untuk mengurungkan niatnya. “Belum dibayarkan. Kami mau demo sebetulnya, tapi diwanti-wanti, jangan lagi. Karena sudah janji difasilitasi (rapat). Kami berupaya ketemu Pak Jokowi, menagih janji Pak Jokowi, tapi enggak bisa,” ungkap Drinus kepada Kompas.com. Ganti rugi diperkirakan senila Rp 85 Miliar. 

Drinus memang diajak rapat oleh aparat. Saat rapat tersebut, warga diingatkan untuk tidak demo saat Jokowi datang. “Sebenarnya, kami mau demo tutup jalan tol sejak 19 Agustus 2021. Tapi dilarang Polsek. Enggak dibolehkan karena tutup jalan tol, karena ada tanggapan serius dari Polda. Akhirnya mediasi hari ini,” ucap dia.

Drinus mengklaim dua tahun lalu warga pernah dijanjikan Jokowi soal pembayaran ganti rugi. Kala itu, kata dia, Jokowi meresmikan Jalan Tol Balsam seksi II, III dan IV di pintu tol Samboja.  Drinus hadir sebagai perwakilan warga saat itu. 

"Pak Jokowi berjanji akan menyelesaikan waktu itu. Beliau minta data-data kami. Semua surat-suat tanah kami serahkan ke ajudannya," kata dia.

Baca Juga: Jalan Tol atau Tax On Location

"Saat itu Pak Jokowi juga meminta Gubernur (Kaltim) dan Kementerian PUPR menyelesaikan. Tapi sampai sekarang belum ada," sambung dia. Karena sudah dua tahun tak 


Jokowi dijadwalkan tiba di Kaltim, melalui Bandara APT Pranoto Samarinda pada hari ini, Selasa (24/8/2021) pukul 11.35 Wita. 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x