Kompas TV nasional kesehatan

Kini Stok Vaksin Bisa Dipantau oleh Publik, Kemenkes Siapkan Lamannya

Kompas.tv - 23 Agustus 2021, 23:49 WIB
kini-stok-vaksin-bisa-dipantau-oleh-publik-kemenkes-siapkan-lamannya
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Sumber: setkab.go.id)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menyiapkan laman vaksin.kemkes.go.id untuk memudahkan pemantauan stok vaksin Covid-19 oleh publik.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut pembuatan laman tersebut telah sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal percepatan vaksinasi untuk masyarakat.

"Stok vaksin, sesuai arahan Bapak Presiden, sebisa mungkin segera dipakai dan bisa dikontrol secara publik lewat website vaksin.kemkes.go.id," kata Budi dalam keterangan pers, Senin (23/8/2021).

Budi menjelaskan, dalam laman tersebut, masyarakat dapat memantau langsung stok vaksin di seluruh kabupaten/kota, laju penyuntikannya, serta prediksi kapan stok akan habis.

Baca Juga: Telah Vaksin 58 Juta Orang, Indonesia Urutan 6 Terbanyak Vaksinasi

Dengan demikian, pemerintah pun berharap masyarakat dapat ikut serta mengawasi penyaluran vaksin Covid-19 supaya tetap berjalan sesuai ketentuannya, yakni diberikan secara gratis.

"Semua rakyat disuntik (vaksin Covid-19) secara gratis, tidak ada yang perlu membayar," terang Budi.

"Kalau ada yang meminta pembayaran (untuk vaksin Covid-19), silakan hubungi pengaduan Kemenkes di nomor telepon 1500567 atau melalui email [email protected]," imbuhnya.

Selain itu, Budi juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak pilih-pilih vaksin karena saat ini telah ada berbagai macamnya di Indonesia.

"Kami imbau masyarakat tidak pilih-pilih vaksin karena semuanya memberikan manfaat yang sama yaitu membangun antibodi tubuh kita," tandas Budi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x