Kompas TV nasional kesehatan

Telah Vaksin 58 Juta Orang, Indonesia Urutan 6 Terbanyak Vaksinasi

Kompas.tv - 23 Agustus 2021, 22:18 WIB
telah-vaksin-58-juta-orang-indonesia-urutan-6-terbanyak-vaksinasi
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Saat ini Indonesia berada di urutan keenam sebagai negara yang telah melakukan vaksinasi. (Sumber: Dok. BNPB)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan sebanyak 58 juta penduduk Indonesia telah menerima dosis pertama Vaksin Covid-19. Ini menjadikan Indonesia berada di posisi keenam sebagai negara dengan jumlah penerima vaksin terbanyak.

“Per hari ini Indonesia sudah berhasil menggantikan 58 juta orang suntik pertama dan itu merupakan rangking keenam di dunia,” kata Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan pers, Senin (23/8/2021) malam.

Lebih lanjut sampai saat ini Indonesia sudah menyuntikan 90 juta dosis vaksin kepada warganya baik yang suntikan pertama maupun kedua.

Baca Juga: Vaksinasi Perdana Vaksin Pfizer Untuk Masyarakat

Dia juga menjelaskan, sepanjang Agustus 2021 total vaksin yang telah dan akan datang ke Indonesia sebanyak 62,6 juta dosis. Bahkan dalam waktu dekat, Indonesia akan mendapat tambahan 1,56 juta dosis vaksin yang diproduksi Pfizer.

Selain itu ada juga 4,6 juta dosis tambahan Pfizer dari kerja sama multilateral.  

“Bulan Agustus ini kita sudah kedatangan 1,56 juta yang kita beli langsung dan di akhir bulan kita akan juga kedatangan 4,6 juta yang merupakan hasil kerja sama multilateral vaksin,” tuturnya.

Baca Juga: Kerumunan Protes Warga Soal Nomor Antrean Vaksin Covid-19

Presiden Joko Widodo, kata Budi, sudah meminta agar vaksin-vaksin yang datang segera dikirim ke provinsi dan segera disuntikkan.

“Arahan Bapak Presiden sebisa mungkin segera dipakai itu bisa dikontrol juga secara publik,” paparnya.

Dia juga mengatakan dengan adanya bermacam-macam jenis vaksin, masyarakat tidak memilih-milih jenis vaksin untuk disuntikkan.

Baca Juga: Jadi Syarat Wajib Sejumlah Aktivitas, Jasa Cetak Kartu Vaksin Ramai Peminat

“Karena semua vaksin memberikan manfaat yang sama yaitu membangun antibodi tubuh kita,” tegasnya.

 

 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x