Kompas TV nasional update corona

Wagub DKI Klaim Jakarta Sudah Masuk Zona Hijau Covid-19 dan Capai Herd Immunity

Kompas.tv - 23 Agustus 2021, 09:47 WIB
wagub-dki-klaim-jakarta-sudah-masuk-zona-hijau-covid-19-dan-capai-herd-immunity
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, di Jakarta Pusat, Kamis (19/8/2021) (Sumber: Hasya Nindita/Kompas.tv)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, menyebut Jakarta saat ini sudah berada dalam zona hijau penularan Covid-19 dan sudah mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok

Klaim tersebut merujuk pada penurunan kasus Covid-19 di wilayah DKI dan percepatan vaksinasi Covid-19 sehingga tercapai herd immunity. 

"Alhamdulillah Jakarta sudah masuk zona hijau dan sudah memenuhi herd immunity (kekebalan kelompok)," ujar Riza dalam rekaman suaram Minggu (22/8/2021).

Kendati demikian, Riza terus mengimbau agar masyarakat tidak lalai dan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Hal ini demi mencegah adanya potensi peningkatan kasus Covid-19 yang dapat terjadi kembali. 

"Kami minta semua warga tetap disiplin patuh dan taat, tetap berada di rumah sebagai tempat terbaik laksanakan protokol kesehatan 5M secara disiplin dan patuh laksanakan PPKM level 4 dengan penuh rasa tanggung jawab. Jadikan prokes sebagai kebutuhan kita sehari-hari," kata Riza.

Baca Juga: Jakarta Sisa 7 RT Zona Merah, Wagub DKI: Kita Mulai Masuk Zona Hijau

Selain menerapkan protokol kesehatan yang ketat, Riza turut mengajak masyarakat Jakarta yang belum mendapatkan vaksin Covid-19 untuk segera mendapatkan vaksinasi di sentra vaksin terdekat. 

Saat ini, target vaksinasi Pemprov DKI Jakarta menjadi 11 juta jiwa dari sebelumnya sebanyak 8,8 juta jiwa. 

Hal tersebut dilaksanakan lantaran dari capaian yang ada sekitar 40 persen warga luar Jakarta melaksanakan vaksinasi di Ibu Kota.

"Vaksinasi di DKI sudah mencapai dosis satu 9.319.191. Karena memang tidak kurang dari 30-40 persen warga non DKI yang ikut vaksin di DKI maka kami Pemprov meningkatkan vaksin menjadi 11 juta," kata Riza. 

Target vaksinasi ini diharapkan tercapai dalam waktu beberapa pekan ke depan. Oleh sebab itu, ia berharap seluruh warga Jakarta dapat segera menerima vaksin Covid-19. 

"Sekali lagi seluruh warga DKI, kami minta segera pastikan mendapat vaksin dalam rangka mengerem laju Covid-19 di Jakarta", kata dia.

Baca Juga: Lokasi Pertandingan Liga 1 Tak Tentu akibat Covid-19, Ketum PSSI: Kami Hanya Gelar di Zona Hijau



 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x