Kompas TV nasional peristiwa

Menlu Retno Marsudi Jelaskan Detil Penumpang Pesawat Evakuasi WNI dari Afghanistan

Kompas.tv - 21 Agustus 2021, 14:01 WIB
Penulis : Aryo bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, menjelaskan detil penumpang yang diangkut oleh pesawat TNI Angkatan Udara dalam misi evakuasi WNI dari Afghanistan.

Baca Juga: Evakuasi WNI Berhasil, Menlu Retno: You Did It Guys! Terima Kasih Banyak

Penjelasan tersebut disampaikan Menlu Retno Marsudi dalam konferensi pers bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (21/8/2021).

Retno mengatakan, sebanyak 26 Warga Negara Indonesia beserta 7 WNA yang berhasil dievakuasi dari Kabul, Afghanistan, dalam keadaan sehat.

"Seluruh Warga Negara Indonesia berjumlah 26 orang, semuanya dalam kondisi baik. Satu catatan, satu diplomat dalam kondisi kurang sehat non Covid dan akan segera dilakukan perawatan," ucap Retno.

Baca Juga: Ketegangan Evakuasi WNI di Afghanistan, Izin Pendaratan Sempat Ditarik Otoritas Kabul

Selain WNI, pesawat Boeing 737-400 milik Skadron Udara (Skadud) 17 TNI AU turut membawa 5 WN Filipina dan 2 WN Afghanistan.

Menlu Retno menyebut bantuan misi evakuasi WN Asing adalah bentuk kewajiban kemanusiaan yang bukan pertama kali dilakukan Pemerintah Indonesia

"Selain WNI, dalam misi evakuasi ini ikut juga 5 Warga Negara Filipina yang memang pemerintahnya minta bantuan untuk ikut diangkut dalam misi evakuasi Indonesia," lanjutnya.

Baca Juga: Jelaskan Proses Evakuasi 26 WNI dari Afghanistan, Menlu Retno: Tidak Mudah dan Perlu Koordinasi Kuat

 

Lima WN Filipina ikut dalam pesawat setelah Pemerintah Filipina meminta bantuan langsung ke Pemerintah Indonesia dalam mengevakuasi warganya yang berada di Afghanistan. 

Dua WN Afghanistan yang ikut salah satunya adalah staf lokal KBRI Kabul, sementara satunya lagi merupakan suami dari WNI.

Video Editor: Mukhammad Rengga



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x