Kompas TV nasional peristiwa

Menlu Retno Marsudi Jelaskan Kronologi Pemulangan WNI dari Afghanistan

Kompas.tv - 21 Agustus 2021, 11:17 WIB
Penulis : Aryo bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, menjelaskan kronologi pemulangan Warga Negara Indonesia (WNI) dari Kabul, Afghanistan.

Keterangan tersebut disampaikan Menlu Retno dalam konferensi pers usai menyambut kedatangan WNI dan Warga Negara Asing (WNA) di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (21/8/2021) dini hari.

Retno mengungkap dinamika di lapangan saat proses evakuasi di Afghanistan.

Awalnya evakuasi akan dilakukan menggunakan pesawat sipil, namun mempertimbangkan dinamika di lapangan, akhirnya evakuasi diputuskan menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara (AU) Boeing 737-400.

"Awalnya evakuasi direncanakan menggunakan pesawat sipil. Namun, kemudian di tengah jalan rencana tersebut harus kita sesuaikan karena kondisi lapangan yang berubah," kata Retno didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Retno juga mengungkap proses evakuasi 26 WNIA, 5 WN Filipina, 2 WN Afghanistan dirancang dan dipersiapkan dengan secara hati-hati dan rahasia.

"Rencana evakuasi ini dirancang dan dipersiapkan dengan matang selama beberapa hari secara hati-hati dan lowkey," lanjutnya.

Video Editor: Mukhammad Rengga



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x