Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Apa Itu Kartu Deklarasi Sehat Ujian CPNS 2021? Berikut Penjelasannya

Kompas.tv - 20 Agustus 2021, 16:11 WIB
apa-itu-kartu-deklarasi-sehat-ujian-cpns-2021-berikut-penjelasannya
Contoh Form Deklarasi Sehat di Laman SSCASN (Sumber: Tribunnnews.com)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Di media sosial, beberapa pelamar CPNS 2021 melempar pertanyaan seputar kartu deklarasi sehat yang ada di laman SSCASN. Mulai dari pertanyaan waktu mencetaknya hingga tindakan yang harus dilakukan ketika kartu itu hilang.

Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Satya Pratama mengatakan keberadaan kartu deklarasi sehat dimaksudkan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lokasi ujian SKD.

Kartu tersebut wajib dibawa saat tes SKD sebagai bukti kondisi kesehatan pelamar saat mengikuti seleksi.

Kata satya, kebijakan itu adalah hasil keputusan rapat antara Pusat Pengembangan Sistem Seleksi (PPSS) BKN dengan Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes).

Baca Juga: Update Jadwal SKD CPNS 2021, BKN: Tunggu Izin dan Persetujuan Satgas Covid-19

Kartu deklarasi sehat sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan yang tetap menjadi prioritas selama seleksi CPNS 2021 dilangsungkan.

"Isian itu wajib untuk mengetahui peserta apakah mengalami gejala atau terkonfirmasi Covid-19 sehingga dapat dipisahkan ruang ujiannya," kata dia dilansir dari Kompas.com, Selasa (17/8/2021).

Kapan harus mengisi dan mencetaknya?

Ihwal waktu mencetaknya, BKN memberikan kebebasan kepada peserta ujian untuk mengisi deklarasi sehat itu kapan saja.

Namun, lebih disarankan agar mengisinya satu hari sebelum pelaksanaan ujian untuk selanjutnya dicetak dan dibawa saat ujian. 

"Wajib diisi dan dibawa, diharapkan sebelum hadir di lokasi ujian sudah membawa. Pelamar dapat mengisi H-1 sebelum ujian dilaksanakan (saat ini jadwal ujian belum ada dari PPSS)," kata Satya.

Mencetak atau mengisi lebih awal kartu tersebut, kata Satya, tak menjadi masalah. Namun, pihaknya mengimbau kepada peserta untuk mengisi kartu deklarasi sehat itu lagi menjelang pelaksanaan ujian.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x