Kompas TV nasional kesehatan

Covid-19 akan Menjadi Endemi di Indonesia, Ini Penjelasan Satgas

Kompas.tv - 20 Agustus 2021, 10:45 WIB
covid-19-akan-menjadi-endemi-di-indonesia-ini-penjelasan-satgas
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan Covid-19 akan menjadi endemi di Indonesia. (Sumber: Dok. Covid19.go.id)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan Covid-19 di Indonesia akan menjadi endemi.

Kondisi itu, kata Wiku akan dicapai apabila situasi dan kondisi Covid-19 sudah terkendali.

"Endemi dapat digambarkan sebagai sebuah situasi di mana kondisi kasus lebih terkendali, namun bukan berarti virusnya hilang sepenuhnya," kata Wiku Adisasmito dalam konferensi pers secara daring, Kamis (19/8/2021).

Menurut Wiku, sejumlah hal yang dapat mengindikasikan bahwa pandemi telah bertransisi menjadi endemi, yaitu kekebalan masyarakat meningkat terhadap virus seiring dengan akselerasi vaksinasi.

Selain itu juga infeksi alamiah akibat Covid-19 menurun yang beriringan dengan menurunnya angka perawatan dan kematian.

Baca Juga: Covid-19 Diprediksi Akan Jadi Endemi, Satgas: Pemeritah Siapkan 5 Upaya Penanganan Jangka Panjang

Lebih lanjut, Wiku menjelaskan untuk mencapai hal tersebut pihaknya menerapkan instrumen pengendalian yang pengaturan targetnya sangat spesifik.

Instrumen tersebut, antara lain Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), penerapan 3M (memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan), pelaksanaan.3T (testing, tracing dan treatment), dan vaksinasi di tiap kabupaten/kota.

Wiku berharap dengan penerapan instrumen tersebut kondisi endemi dapat segera tercapai.

Target tersebut tentu tidak akan terealisasi apabila dalam prosesnya tidak ada kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat.

Pihaknya berharap seluruh elemen bisa ikut mensukseskan kebijakan yang telah ada agar hasilnya efektif dan signifikan.

"Diharapkan kondisi tersebut segera tercapai dengan syarat kolaborasi pemerintah dan masyarakat harus bisa menyukseskan kebijakan yang telah ada agar efektif dan signifikan hasilnya," pungkasnya.

Diwartakan sebelumnya, Wiku Adisasmito menyebut bahwa pandemi Covid-19 kemungkinan besar akan menjadi sebuah endemi di dunia. 

Baca Juga: Sri Mulyani Sebut Pemerintah Siapkan Langkah Hadapi Pandemi Jadi Endemi di 2022

Prediksi tersebut, berdasarkan temuan dari penelitian yang dilakukan oleh Nature terhadap 100 ahli imunologi, firologi, dan peneliti penyakit menular, 89 persen di antara mereka setuju Covid-19 akan menjadi endemi.

"Hal baik yang dapat ditangkap yakni di masa yang akan datang kekebalan masyarakat akan meningkat terhadap virus corona seiring dengan akselerasi vaksinasi ataupun infeksi alamiah," kata Wiku dalam konferensi pers, Selasa (17/8/2021).

Sehingga, lanjut dia, angka perawatan dan kematian pasien Covid-19 akan berkurang meskipun virus masih tetap ada dan terus beredar.

Wiku menambahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah sepakat dengan pendapat beberapa ahli, bahwa Covid-19 akan merubah stigma normal baru menjadi masa depan baru.

"Hal ini mengingat virus akan hidup berdampingan dengan kita dalam waktu yang tidak dapat ditentukan kemudian," jelasnya. 

Meski demikan, Wiku mengatakan pemerintah menyiapkan lima upaya untuk membentuk ketahanan kesehatan masyarakat dalam jangka panjang dalam menghadapi Covid-19 yang berpotensi terjadi dalam waktu yang lama.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Jawa Tengah dan DIY

Harga Bawang Naik

26 April 2024, 10:13 WIB

Close Ads x