Kompas TV internasional kompas dunia

Detik-Detik Pesawat Militer Rusia Jatuh dan Meledak!

Kompas.tv - 19 Agustus 2021, 15:51 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

RUSIA, KOMPAS.TV – Sebuah prototype pesawat angkut militer jatuh saat melakukan uji terbang di luar Moskow pada Selasa, 17 Agustus 2021.

Pesawat angkut militer ringan terbaru ini jatuh di kawasan hutan saat hendak mendarat di lapangan terbang Kubinka, Barat Moskow.

Ada dua pilot yang menguji dan seorang insinyur penerbangan di dalam pesawat. Usai kejadian nasib mereka belum jelas dan operasi penyelamatan dilangsungkan.

Pesawat ini terbang ke wilayah Moskow pada Minggu lalu dan akan diresmikan dalam Forum Angkatan Darat 2021 akhir bulan ini.

Baca Juga: Antisipasi Serangan Taliban, Rusia Gelar Latihan Militer di Perbatasan Tajikistan-Afghanistan

Ini adalah pesawat angkut militer pertama yang dikembangkan di Rusia dari nol sejak Uni Soviet runtuh.

Il-112V memiliki mesin turboprop dan dirancang untuk mengangkut personel, peralatan militer, dan senjata. Kapal ini mampu mengangkut hingga 5 ton kargo.

Penerbangan pertama pesawat berlangsung pada Maret 2019, tetapi dilaporkan terlalu berat dan perlu perbaikan. Pengujian Il-112V dilanjutkan hanya pada Maret 2021.

Produksi serial Il-112V diharapkan akan dimulai pada 2023 di Voronezh Aviation Enterprise, yang dapat memproduksi hingga 12 pesawat seperti itu dalam setahun.

Video Editor: Vila Randita



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x