Kompas TV entertainment selebriti

Dituding Hina Orang Indonesia, Sunny Dahye: Aneh Kalau Aku Menghina Negara Tempat Menimba Ilmu

Kompas.tv - 19 Agustus 2021, 05:57 WIB
dituding-hina-orang-indonesia-sunny-dahye-aneh-kalau-aku-menghina-negara-tempat-menimba-ilmu
YouTuber asal Korea Selatan, Sunny Dahye (Sumber: Instagram/@sunnydahye)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Youtuber Sunny Dahye akhirnya angkat bicara soal tuduhan-tuduhan yang menimpanya termasuk disebut telah menghina orang Indonesia dengan sebutan "bodoh" dan "miskin".

Sunny mengaku sangat terkejut banyak netizen yang menghujatnya. Tak sedikit pula yang mengancamnya dengan kata-kata kasar.

Klarifikasi Sunny Dahye tersebut diunggah dalam sebuah video Youtube yang tayang pada Rabu (18/8/2021).

"Jujur pada saat itu aku syok dan juga terluka, dengan ratusan, ribuan komen ancaman dan kata-kata kasar yang seharusnya tidak ditujukan kepada seorang individual," ujar Sunny.

Perempuan yang pernah belajar di Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada itu mengaku mentalnya sangat terganggu akibat perundungan yang diperolehnya.

Baca Juga: Sunny Dahye, YouTuber yang Namanya Trending Topic Twitter Usai Dituding Hina Orang Indonesia

Terlebih lagi yang membuat Sunny Dahye sangat terluka adalah rasa cinta terhadap Indonesia dipertanyakan bahkan dituduh menghina orang Indonesia.

"Meskipun aku dalam darah Korea dan warga negara Korea, aku selalu mengidentifikasikan diri aku sebagai orang Indonesia dengan dasar, aku besar di Indonesia dan tinggal hampir seumur hidup aku di Bali," ungkapnya.

Terlebih, ia merasa Indonesia adalah tempatnya menimba ilmu dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

"Jadi aneh guys rasanya kalau aku merendahkan negara di mana aku menimba ilmu dari TK, SD, SMP sampai kuliah," jelasnya.

"Aku cinta guys dengan Indonesia," tambahnya.

Sunny Dahye juga menegaskan bahwa ia menghormati Indonesia karena telah mengajarkan moral, tata krama, budaya dan juga sopan santun.

Perempuan kelahiran Mei 1990 ini bahkan mengakui bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu dan lebih nyaman berkomunikasi dengan bahasa Indonesia dibanding bahasa Korea atau bahasa Inggris.

Meski dituduh menghina dan memanfaatkan orang Indonesia, namun Sunny Dahye tetap minta maaf dalam video klarifikasi tersebut.

Baca Juga: YouTuber Korea Selatan Sunny Dahye Dituding Berbohong Demi Konten

"Aku ingin meminta maaf apabila aku sempat melakukan atau mengatakan suatu kesalahan dalam hidup aku," ungkapnya.

Terkait akun @sunnyisliar2 yang sebelumnya mengunggah tangkapan layar yang menjelek-jelekkan dirinya dan sang suami, Sunny Dahye akan membawa akun tersebut ke jalur hukum.

"Aku memilih untuk mengambil jalur hukum bersama dengan pengacara aku dan juga sekarang kami sedang dalam tahap laporan ke pihak kepolisian," bebernya.



Sumber : Kompas TV/Youtube


BERITA LAINNYA



Close Ads x