Kompas TV regional berita daerah

Warga Hormat Serentak, Menghormati Bendera Merah Putih

Kompas.tv - 18 Agustus 2021, 11:37 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KUDUS, KOMPAS.TV - Memperingati detik-detik pengibaran bendera merah putih digelar serentak di sejumlah daerah di Indonesia. Tepat pukul 10 lewat 17 menit WIB, warga menghentikan semua kegiatan selama tiga menit untuk menghormati bendera merah putih.

Tepat pukul 10 lewat 17 menit WIB, ratusan pengguna jalan yang melintasi Alun-alun Simpang Tujuh di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah berhenti untuk memberi penghormatan saat bendera merah putih dikibarkan. Saat detik-detik proklamasi pengendara turun dari kendaraan mengambil sikap sempurna dan menghadap kepada bendera merah putih yang berkibar di Alun-alun Simpang Tujuh. Warga antusias mengehntikan seluruh aktivitas selama 3 menit untuk mengenang perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

“Khusus pukul 10.17 sampai pukul 10.20 WIB kita laksanakan  kegiatan berhenti sejenak dalam semua aktivitas. Mengandung maksud sebagai wujud nasionalisme kita karena hari ini kita genap 76 tahun kemerdekaan. Sehingga secara serentak di seluruh Indonesia dilaksanakan berhenti sejenak durasi waktu 3 menit,” kata AKP Heri Purwanto, Kasat Provos Polres Kudus.

Mengehentikan semua aktivitas selama tiga menit pada pukul 10.17 WIB untuk memperingati hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia di Kota Pekalongan dilakukan di jalur Pantura Ponolawen. Para pengguna jalan terlihat khidmat memperingati detik-detik pengibaran bendera merah putih. Para pengendara sepeda motor dan mobil berhenti sejenak dan mengambil sikap sempurna saat bendera merah putih dikibarkan. Dan lagu Indonesia Raya berkumandang melalui pengeras suara di lampu lalu lintas, diikuti oleh para pengguna jalan. 

Berhenti mengambil sikap sempurna dan melakukan hormat bendera merah putih selama tiga menit ini dipandu oleh petugas kepolisian. Melalui kegiatan ini diharapkan warga mengingat kembali perjuangan para pahlawan, meneguhkan rasa nasionalisme dan semakin bersatu demi menjadi Bangsa Indonesia yang tangguh.

#kabupatenkudus #kotapekalongan #upacarakemerdekaan



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x