Kompas TV nasional politik

Pemakaian Baju Adat Lampung Jokowi Saat Upacara HUT ke-76 RI Dikoreksi Andi Arief

Kompas.tv - 17 Agustus 2021, 12:35 WIB
pemakaian-baju-adat-lampung-jokowi-saat-upacara-hut-ke-76-ri-dikoreksi-andi-arief
Presiden Joko Widodo mengenakan baju adat asal Lampung. (Sumber: Tangkapan layar Youtube Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief mengoreksi pemakaian baju adat Lampung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada saat Upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Selasa (17/8/2021). 

"Ada koreksi dikit, sepanjang yang saya tahu penggunaan kain tapis tidak dengan cara selempang selendang jika untuk laki-laki," cuitan Andi Arief dalam akun Twitter @Andiarief__ . Kompas TV sudah mendapatkan izin untuk mengutip cuitan itu, Selasa (17/8/2021). 

Meski begitu, dirinya mengapresiasi keputusan orang nomor satu di Indonesia yang mengenakan baju adat asal Lampung tersebut. 

Baca Juga: Potret Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Lampung di HUT ke-76 RI

"Tentu sebagai asli Lampung saya senang baju adat dipakai Presiden Jokowi hari ini," sambungnya. 

Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara di peringatan HUT ke-76 RI di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2021. Kepala Negara menggunakan baju adat Lampung. Sementara itu, Ibu negara menggunakan busana nasional dengan kain songket.

Presiden terlihat menggunakan baju adat lampung dengan nuansa warna merah dan putih.

Sedangkan Wapres Maruf Amin menggunakan baju adat Sunda dari Sukabumi, Jawa Barat. Istrinya Wury Maruf Amin tampak serasi dengan Wapres dengan busana biru.

Wapres menggunakan setelan jas tertutup atau beskap dan celana panjang warna biru yang dipadukan dengan kain samping batik yang diikatkan di pinggang.

Baca Juga: AMAN: Jokowi Pakai Baju Adat, Tapi Tak Berpihak Ke Masyarakat Adat

Wapres juga memakai penutup kepala berupa bendo dan bersepatu hitam. Adapun hiasan aksesoris yang dikenakan berupa arloji rantai yang dijepitkan pada saku jas atas sebelah kiri manemani lambang kepresidenan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x