Kompas TV nasional peristiwa

Penampakan Teks Asli Proklamasi Tulisan Tangan Bung Karno

Kompas.tv - 17 Agustus 2021, 08:51 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV – Inilah penampakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia yang ditulis oleh Bung Karno. Naskah ini merupakan naskah asli tulisan tangan Bung Karno.

Teks tulisan tangan Bung Karno ini telah disimpan dan dilestarikan di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Pada tahun ini, naskah asli teks proklamasi tulisan tangan Bung Karno diambil dari ANRI pada 16 Agustus 2021 untuk dihadirkan di Istana Merdeka dan disandingkan dengan teks proklamasi yang diketik oleh Sayuti Melik dan Bendera Pusaka pada upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada Selasa, 17 Agustus 2021.

Baca Juga: Naskah Asli Teks Proklamasi yang Ditulis Soekarno Dihadirkan Dalam HUT ke-76 RI di Istana Merdeka

Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden (Setpres) Sony Kartiko, mendapat kesempatan sebagai perwakilan Istana untuk menerima seah terima naskah dari ANRI.

"Telah kami terima dari ANRI yang selanjutnya akan kami bawa ke Istana Merdeka dan rencananya besok pada tanggal 17 Agustus 2021, dokumen tersebut akan dihadirkan dan disandingkan dengan bendera pusaka pada Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang berada di mimbar kehormatan,” ujar Sony, dikutip dari laman Sekretariat Kabinet.

Selama disimpan di Istana, suhu, kelembapan serta pencahayaan diatur secara khusus demi menjaga keutuhan teks tulisa tangan Bung Karno.

Video Editor: Faqih Fisabillillah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x