Kompas TV regional berita daerah

Mengenal Fansa, Boneka Edukasi Konservasi Berbasis IT Buatan Mahasiswa UGM

Kompas.tv - 16 Agustus 2021, 15:21 WIB
mengenal-fansa-boneka-edukasi-konservasi-berbasis-it-buatan-mahasiswa-ugm
Boneka edukasi fauna nusantara (fansa) diciptakan mahasiswa UGM untuk meningkatkan pemahaman tentang konservasi fauna di Indonesia. (Sumber: istimewa)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Boneka edukasi fauna nusantara (fansa) diciptakan mahasiswa UGM untuk meningkatkan pemahaman tentang konservasi fauna di Indonesia.

Ada tiga karakter boneka yang dibuat, yakni Ates, Lagus, dan Thera. Ketiganya merepresentasikan owa jawa, kanguru pohon, dan harimau sumatra yang tergolong satwa terancam punah di Indonesia. Ketiga boneka fansa ini dirancang mengenakan scarf yang bertuliskan #Save Forest #Save (nama satwa endemik).

Boneka fansa itu lahir dari tangan kreatif lima mahasiswa UGM. Mereka adalah Achmaludin Taufan Azmi (Fakultas Kehutanan) Aulia Nur Fajriyah (Fakultas Teknik), Bagus Dwiantara (Fakultas Kehutanan), Aulia Putri Hijiriyah (Fakultas Ilmu Budaya), dan Rendy Nu’man Pradana (FMIPA).

Baca Juga: Mahasiswa UGM Bikin Alat Deteksi Kerumunan, Begini Cara Kerjanya

Dalam produksi boneka fansa, mereka bekerja sama dengan produsen boneka di DIY sehingga mendukung perekonomian lokal. Sementara, untuk pemasaran banyak dilakukan secara online dengan sistem pre-order melalui Instagram, Facebook, serta marketplace.

Boneka ini dibikin berbasis IT, sehingga selain berbentuk satwa, boneka ini juga dilengkapi Augmented Reality dan kartu QR yang menunjukkan materi edukasi di dalam website berupa artikel dan video singkat yang mudah dipahami.

Di dalam kartu tersebut berisi informasi mengenai berbagai fakta unik terkait konservasi satwa di Indonesia baik melalui aplikasi maupun website.

Baca Juga: Mahasiswa UGM Kritik Pengelolaan Sampah TPA Piyungan lewat Video Rap: Tak Mungkin Unjuk Rasa

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x