Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden Afghanistan Diprediksi Akan Lengser dalam Beberapa Jam ke Depan

Kompas.tv - 15 Agustus 2021, 18:03 WIB
presiden-afghanistan-diprediksi-akan-lengser-dalam-beberapa-jam-ke-depan
Sebuah helikopter Chinook milik militer Amerika Serikat (AS) tampak mengudara di atas kota Kabul, Afghanistan, Minggu (15/8/2021). (Sumber: AP Photo/Rahmat Gul)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Purwanto

KABUL, KOMPAS.TV – Presiden Afghanistan akan turun takhta dalam beberapa jam ke depan, menyusul Taliban yang telah memasuki ibu kota Kabul pada Minggu (15/8/2021). Hal itu diungkapkan sejumlah sumber seperti dikutip dari Al Arabiya.

Menurut Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, peralihan kekuasaan akan dilakukan secara damai tanpa peperangan.

Bentrokan antara pasukan nasional Afghanistan dan Taliban berlangsung di kawasan selatan dan utara pinggiran kota Kabul. Bentrokan tetap terjadi kendati sebelumnya juru bicara Taliban menyatakan, kelompok pemberontak itu telah diperintahkan untuk tak menyerbu ibu kota yang merupakan benteng terakhir pemerintah di Afghanistan.

Baca Juga: Situasi Afghanistan Memburuk, Pakistan Buka Perbatasan dan Longgarkan Persyaratan Visa bagi Jurnalis

Ia menambahkan, Taliban tak berniat membalas dendam pada siapa pun. Taliban juga mengklaim akan memberi pengampunan pada mereka yang telah bekerja melayani pemerintah dan militer Afghanistan.

Sejauh ini, kepresidenan Afghanistan di Kabul masih menegaskan bahwa situasi di ibu kota masih terkendali.

Di Kabul, warga tampak mengantri di bank-bank untuk menarik seluruh simpanan uang mereka sebelum bank tutup karena kurangnya likuiditas. Melansir Associated Press, warga yang panik pula bergegas menuju bandara internasional Kabul untuk meninggalkan Afghanistan. Para pegawai pemerintah juga melarikan diri dari kantor-kantor pemerintah Afghanistan.  

Pada diplomat Amerika Serikat (AS) dievakuasi dari kedutaan besar menggunakan helikopter. Seorang sumber pejabat AS menyebut, kurang dari 50 petugas akan tetap berada di Kabul.

Baca Juga: Dramatis, AS Evakuasi Staf Kedutaan di Kabul Afghanistan Menggunakan Helikopter

Sejumlah anggota staf Uni Eropa juga telah dievakuasi ke lokasi yang lebih aman di Kabul. Menurut seorang pejabat NATO, lokasi evakuasi tak diungkap demi alasan keamanan.

Kantor Dalam Negeri Inggris menyatakan tengah bekerja untuk melindungi warga negara Inggris di Afghanistan dan membantu mantan staf serta mereka yang memenuhi syarat untuk dievakuasi ke Inggris.  

Sebaliknya, Rusia menyatakan tak berniat mengevakuasi para pejabatnya dari Kabul. Kantor berita Tass melaporkan, Taliban juga telah memastikan keselamatan Kedutaan Besar Rusia di ibu kota Afghanistan itu.

Situasi keamanan terkini di Kabul berubah cepat, menyusul jatuhnya beberapa kota utama ke tangan Taliban pada pekan lalu. Sebagian besar kota itu dikuasai Taliban tanpa pertempuran.




Sumber : Al Arabiya/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x