Kompas TV internasional kompas dunia

Situasi Afghanistan Memburuk, Pakistan Buka Perbatasan dan Longgarkan Persyaratan Visa bagi Jurnalis

Kompas.tv - 14 Agustus 2021, 03:20 WIB
situasi-afghanistan-memburuk-pakistan-buka-perbatasan-dan-longgarkan-persyaratan-visa-bagi-jurnalis
Ratusan warga yang sebelumnya terdampar di perbatasan Afghanistan - Pakistan menyusul penutupan perbatasan itu sejak pekan lalu, kini dapat menyeberang setelah perbatasan di Chaman, Pakistan dibuka pada Jumat (13/8/2021). (Sumber: AP Photo/Jafar Khan)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

ISLAMABAD, KOMPAS.TV – Memburuknya situasi keamanan di Afghanistan akibat Taliban yang terus merangsek mengepung ibu kota Kabul, membuat negara tetangga Pakistan mengeluarkan kebijakan untuk membantu rakyat sipil Afghanistan yang terpaksa mengungsi.

Di Pakistan, Menteri Dalam Negeri Sheikh Rashid Ahmed mengumumkan pelonggaran persyaratan visa bagi para jurnalis yang bekerja untuk media asing di Afghanistan.

Melansir Associated Press pada Sabtu (14/8/2021), pengumuman ini diunggah melalui akun Twitter sang menteri pada Jumat (13/8/2021).

Menurut sang menteri, seluruh jurnalis dan staf media yang bekerja untuk media internasional dan media asing lain di Afghanistan, dan yang ingin meninggalkan negara itu melalui Pakistan, dapat mengajukan permohonan visa Pakistan.

Baca Juga: Afghanistan Memanas, Ribuan Rakyat Mengungsi dan Tidur di Jalanan Ibu Kota Kabul

Kementerian Dalam Negeri, kata Ahmed, akan mengeluarkan visa sesuai prioritas. Kendati tak merinci, di bawah kebijakan sebelumnya, visa untuk memasuki Pakistan memerlukan pemeriksaan latar belakang yang panjang oleh pihak intelijen.

Lebih lanjut ia menyatakan, keputusan itu dibuat oleh pemerintah Pakistan, terutama dengan mempertimbangkan keselamatan para jurnalis.

Sejumlah personel tentara Pakistan tampak berjaga sementara warga berjalan melintasi perbatasan Afghanistan - Pakistan di Chaman, Pakistan, Jumat (13/8/2021). (Sumber: AP Photo/Jafar Khan)

Sementara itu, pihak berwenang di Pakistan membuka kembali perbatasan utama di Chaman yang berbatasan dengan Afghanistan pada Jumat (13/8/2021) pagi.

Sejak ditutup pekan lalu, banyak warga Afghanistan yang terdampar di perbatasan sisi Pakistan. Pun mereka yang hendak meninggalkan Afghanistan, terkatung-katung menanti pembukaan kembali gerbang perbatasan.

Baca Juga: Kemenlu Pastikan Keamanan WNI di Afghanistan Menyusul Gerak Maju Kelompok Taliban, Siap Evakuasi

Seorang petugas di kota perbatasan Chaman mengatakan, warga Afghanistan yang datang ke Pakistan untuk mengunjungi kerabat atau untuk berobat, kini dapat kembali ke Afghanistan.

Menurut wakil komisioner Chaman, pembukaan kembali pintu perbatasan dilakukan setelah mengadakan pembicaraan dengan Taliban.

 

 

 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x