Kompas TV regional peristiwa

Jelang PON XX, Polda Papua Akan Uji Coba Pemberlakuan Ganjil-Genap Kendaraan

Kompas.tv - 15 Agustus 2021, 16:19 WIB
jelang-pon-xx-polda-papua-akan-uji-coba-pemberlakuan-ganjil-genap-kendaraan
Bupati Mimika Eltinus Omaleng yang juga selaku Ketua Umum PB PON Papua Sub Mimika, didampingi Wakil Bupati Johannes Rettob yang juga Wakil Ketua PB PON Papua Sub Mimika, dan Sekretaris PB PON Papua sub Mimika Cessar Avianto Tunya perkenalkan maskot PON XX, Jumat (13/12/2019) . (Sumber: IRSUL PANCA ADITRA )
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Purwanto

PAPUA, KOMPAS.TV - Dalam rangka menjelang pelaksaan PON XX, Polda Papua akan melakukan uji coba pemberlakuan ganjil-genap bagi kendaraan di beberapa ruas tertentu.

"Memang benar, kami akan melakukan uji coba penerapan ganjil-genap di Kabupaten dan Kota Jayapura," kata Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri di Jayapura, dikutip dari Antara, Minggu.

Mathius menuturkan, tujuan utama pelaksanaan uji coba ini guna mengantisipasi saat pelaksanaan PON XX karena ruas jalan yang ada masih terbatas.

Selain uji coba, pemberlakuan ganjil-genap itu juga untuk membatasi mobilitas warga selama masa PPKM level iv dan iii.

Pelaksanaannya akan dimulai pada Senin (16/8) di Kota Jayapura, lebih lanjut kata Mathius, Direktorat Lalu Lintas Polda Papua nantinya juga akan dibantu satuan lainnya.

Baca juga: Aturan Ganjil Genap Jakarta Tetap Berlaku di Akhir Pekan, Cek Lengkapnya!

Ada pun beberapa ruas jalan yang masuk daftar uji coba yakni Jalan Ahmad Yani, Kelapa Dua Entrop dan Jalan Abepura-Sentani.

Sedangkan di Kabupaten Jayapura, yaitu Jalan Sentani-Balai Trans yang waktu terbagi yakni dari pukul 08.00-10. 00 WIT, pukul 15.00-17. 00 WIT dan 18.00-20. 00 WIT.

Mathius mengaku uji coba itu akan berlangsung hingga 31 Agustus dan diharap warga masyarakat mematuhi mengingat tidak tertutup kemungkinan saat pelaksanaan PON XX sejumlah ruas jalan akan mengalami kemacetan.

"Uji coba itu dilakukan agar saat terjadi kemacetan arus lalu lintas dapat segera diurai hingga cepat normal kembali," ujarnya.

Baca juga: Sistem Ganjil Genap di Karawang Dibatalkan, Ini Alasannya

Untuk diketahui, PON XX dijadwalkan berlangsung tanggal 2-15 Oktober mendatang di empat kabupaten dan kota di Papua, yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Merauke dan Timika.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x