Kompas TV nasional kesehatan

Catat, Ini Golongan Warga yang Berhak Dapat Vaksin Moderna dan Lokasi Penyuntikannya

Kompas.tv - 14 Agustus 2021, 19:30 WIB
catat-ini-golongan-warga-yang-berhak-dapat-vaksin-moderna-dan-lokasi-penyuntikannya
Petugas menyiapkan vaksin Moderna saat vaksinasi dosis ketiga di Kantor Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Banten, Sabtu (7/8/2021). (Sumber: Antara/Fauzan)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menyalurkan vaksin Covid-19 Moderna untuk masyarakat umum. Tercatat sejauh ini Indonesia memiliki 8 juta dosis vaksin Moderna. Untuk siapa vaksin Moderna ini diberikan dan di mana?

Perlu diketahui, vaksin Moderna adalah hasil pemberian dari pemerintah Amerika Serikat dan Covax Facility. 

Awalnya, produk Moderna ini diberikan sebagai vaksin dosis ketiga atau booster bagi tenaga kesehatan (nakes) dan tenaga penunjang kesehatan.

Baca Juga: Pendaftaran Vaksin Covid via Situs Pedulilindungi dan Loket.com, Ini Cara Mudahnya

Namun, masih ada persediaan vaksin Moderna melebihi jumlah nakes yang mencapai 2,4 juta orang. 

Sebab itu, pemerintah melalui Kemenkes memutuskan memberikan vaksin 5,1 juta dosis vaksin Moderna pada masyarakat umum.

Hal ini tertuang dalam surat bernomor SR.02.06II/2025/2021 tentang Alokasi Distribusi Vaksin COVID-19 Moderna-COVAX Facility M2 Agustus 2021.

“Selain untuk nakes, vaksin Moderna juga diperuntukkan bagi publik, khususnya ibu hamil dan masyarakat yang memiliki komorbid, yang belum mendapatkan vaksinasi sama sekali,” ujar Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi, Sabtu (14/8/2021).

Siti Nadia mengatakan, masyarakat penerima vaksin Moderna akan menjalani vaksinasi dua kali dengan jarak waktu berselang 4 minggu.

Ia juga menjelaskan, vaksinasi bagi ibu hamil diprioritaskan untuk ibu hamil di daerah risiko tinggi penularan Covid-19.

“Untuk pemberian dosis satu vaksinasi bagi ibu hamil dimulai pada trisemester kedua kehamilan, dan untuk pemberian dosis kedua dilakukan sesuai dengan interval dari jenis vaksin yang diberikan. Misalnya, untuk vaksin merek Moderna, interval dosis 1 dan 2 adalah 4 minggu,” beber Siti Nadia.

Baca Juga: Cara Cek Sertifikat Vaksin 1 dan 2 di Pedulilindungi

Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI Maxi Rein Rondonowu membeberkan vaksinasi dengan vaksin Moderna sudah berjalan.

Maxi mengungkapkan, DKI Jakarta mendapat jatah vaksin Moderna sebanyak 200 ribu. Sementara, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur menerima masing-masing 500 ribu dosis vaksin Moderna.

Lalu, Kepulauan Riau, Lampung, Kalimantan Barat, hingga Nusa Tenggara Barat kebagian jatah lebih dari 100 ribu dosis vaksin Moderna.

Lokasi penyuntikan vaksin Moderna dilakukan salah satunya di dinas kesehatan setempat, seperti di Dinkes Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Penyuntikan vaksin Moderna di Dinkes Kutai Kartanegara berjalan mulai 14 Agustus 2021 dengan sasaran warga berumur 17-40 tahun.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by dinkes kukar (@dinkes.kukar)

Baca Juga: Selama Pandemi Covid-19, Martabak hingga Bakso jadi Kuliner Favorit di Layanan Pesan Antar Makanan

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x