Kompas TV nasional agama

Bacaan Doa di Hari Jumat, Lengkap dengan Amalan Sunnah dan Keistimewaannya

Kompas.tv - 13 Agustus 2021, 06:14 WIB
bacaan-doa-di-hari-jumat-lengkap-dengan-amalan-sunnah-dan-keistimewaannya
Ilustrasi doa di hari jumat, amalan sunnah, dan keistimewaannya (Sumber: Faseeh Fawaz/Gulf News)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Hari Jumat dipandang istimewa bagi seluruh umat Islam di Indonesia, biasanya beragam kebaikan dan amalan akan juga dilakukan tepat di hari ini.

Menurut Al-Imam al-Syafi’i dan al-Imam Ahmad yang dilansir dari NU Online meriwayatkan dari Sa’ad bin ‘Ubadah sebuah hadits yang artinya:

“Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung dari pada hari raya kurban dan hari raya Fitri. Di dalam Jumat terdapat lima keutamaan. Pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat. Di dalam hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama tidak meminta dosa atau memutus tali shilaturrahim. Hari kiamat juga terjadi di hari Jumat. Tiada Malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung dan batu kecuali ia khawatir terjadinya kiamat saat hari Jumat."

Oleh karena itu kemudian, Jumat dikenal dan mendapat julukan sayyidul ayyâm atau rajanya hari. Dengan kata lain, Jumat menduduki posisi paling utama di antara hari-hari lainnya dalam sepekan.

Salah satu hal baik yang dapat dilakukan di hari Jumat adalah berdoa. Pasalnya tepat di hari ini, pintu rahmat dan ampunan Allah SWT juga sedang dibuka.

Berikut ini doa hari jumat yang bisa diamalkan agar mendapat ampunan dari Allah SWT:

Doa Pagi di Hari Jumat

Salah satu doa pagi hari yang dianjurkan untuk dibaca adalah:

Astaghfirull halladz l il ha ill huwal hayyul qayy mu, wa at bu ilaihi.

Artinya, “Aku memohon ampun kepada Allah, Zat yang tiada tuhan selain Dia yang maha hidup, lagi maha tegak. Aku bertobat kepada-Nya."

Doa ini dapat ditemukan pada Kitab Al-Azkar karya Imam An-Nawawi. Doa ini dianjurkan dibaca sebanyak tiga kali, sebuah amalan yang tidak berat tetapi memiliki keutamaan yang luar biasa.

Baca Juga: Berikut 18 Keutamaan Bersalawat kepada Nabi SAW di Hari Jumat

Hal tersebut seperti diriwayatkan hadits berikut ini:

:

Artinya, “Diriwayatkan kepada kami dari Ibnu Sinni dari Anas RA, dari Nabi Muhammad SAW bahwa ia bersabda, ‘Siapa saja yang berdoa di pagi hari Jumat sebelum shalat pagi dengan, ‘Astaghfirull halladz l il ha ill huwal hayyul qayy mu, wa at bu ilaihi’ sebanyak tiga kali, niscaya Allah mengampuni dosanya meski sebanyak buih di lautan,’" (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 71).

Selain membaca doa di hari Jumat pagi, ada pula amalan-amalan sunah yang bisa dilakukan umat Islam yang tentu saja bila dikerjakan, akan mendapatkan pahala di sisi Allah SWT.

Amalan Hari Jumat

Berikut ini uraian amalan sunah yang bisa dikerjakan pada hari Jumat:

1. Mandi Jumat

Mandi Jumat merupakan amalan sunnah yang khusus dilakukan pada hari Jumat, kesunnahan ini berlaku umum bagi siapa pun yang menghadiri ibadah shalat Jumat. Disebutkan dalam hadits riwayat Ibnu Hibban dari Ibnu Umar sebagai berikut:

“Barangsiapa yang mendatangi shalat Jumat baik laki-laki maupun wanita maka hendaklah mandi."

Seorang wanita dalam konteks ini juga mendapatkan kesunnahan mandi Jumat apabila ia turut serta melaksanakan ibadah Jumat.

Namun, ketentuan hukum ini menjadi berbeda bila ia memilih shalat Zuhur di rumah, maka tidak lagi disunnahkan baginya.

Syekh Muhammad Nawawi Al-Bantani menyatakan:

( ) ( )

“Sedangkan etika dalam shalat Jumat itu banyak, salah satunya adalah disunnahkan bagi orang yang menghendaki untuk mendatangi shalat Jumat untuk mandi, walaupun shalat Jumat tidak diwajibkan baginya bahkan walaupun haram baginya untuk mendatangi shalat Jumat seperti perempuan yang tidak mendapatkan izin dari suaminya menurut pendapat mu’tamad (kuat)." (Syekh Nawawi al-Bantani, Nihayah az-Zain, hal.142, Al-Haramain)

Baca Juga: Sejumlah Masjid di Jakarta Mulai Buka Salat Jumat Berjemaah, Simak Aturannya

2. Memperbanyak Shalawat Nabi Muhammad

Amalan selanjutnya adalah memperbanyak bacaan shalawat nabi Muhammad SAW dan dijadikan sebagai salah satu kekhususan hari Jumat.

Dari Abi Umamah Rasulullah SAW bersabda:




Sumber : Kompas TV/Nu Online


BERITA LAINNYA



Close Ads x