Kompas TV nasional sosial

Sejumlah Masjid di Jakarta Mulai Buka Salat Jumat Berjemaah, Simak Aturannya

Kompas.tv - 13 Agustus 2021, 05:30 WIB
sejumlah-masjid-di-jakarta-mulai-buka-salat-jumat-berjemaah-simak-aturannya
Umat Muslim menunaikan ibadah salat Jumat di Masjid Cut Meutia, Kec. Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, (5/6/2020). (Sumber: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sejumlah kegiatan masyarakat mulai dilonggarkan di masa perpanjangan PPKM Level 4 hingga 16 Agustus 2021.

Salah satunya yakni kegiatan ibadah berjemaah di rumah ibadah. Umat Islam yang ingin melaksanakan ibadah Salat Jumat kini bisa dilakukan di masjid lingkungan masing-masing.

Syaratnya, kapasitas maksimal jemaah tidak lebih dari 25 persen dari kapasitas masjid atau 20 orang.

Baca Juga: PPKM Diperpanjang, Menag Terbitkan Aturan Terbaru Kegiatan di Tempat Ibadah

Jemaah yang ingin melaksanakan Salat Jumat harus sudah mengikuti vaksin minimal tahap pertama dan tetap memerhatikan protokol kesehatan lebih ketat dan mengikuti aturan teknis dari Surat Edaran Menteri Agama Nomor SE 23 Tahun 2021.

Masjid di Jakarta yang membuka Salat Jumat berjemaah yakni Masjid Agung At-Tin Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Kepala Peribadatan Masjid At-Tin Karnali menjelaskan pelaksanaan Salat Jumat pada 13 Agustus 2021 akan membatasi jumlah jemaah sesuai ketentuan.

Jika merujuk aturan 25 persen dari kapasitas masjid, maka jemaat yang melaksanakan Salat Jumat di Masjid At-Tin tidak lebih dari 2.500 orang.

Baca Juga: PPKM Level III, Kapasitas Tampung Rumah Ibadah Hanya 25 persen

“Ini sesuai ketentuan pemerintah," ucap Karnali, saat dikonfirmasi, Kamis (12/8/2021). Dikutip dari Kompas.com.

Sebelum masuk masjid, jemaah akan menjalani pemeriksaan cek suhu tubuh. Jemaah diminta untuk membawa perlengkapan salat masing-masing.

Pengurus Masjid At-Tin telah mempersiapkan batas antar jemaah dan melakukan penyemprotan disinfektan sebelum Salat Jumat dilaksanakan.

Baca Juga: Bolehkah Salat Jumat Secara Online? Begini Penjelasan PP Muhammadiyah



Sumber : Kompas TV/Kompas.com/Tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x