Kompas TV internasional kompas dunia

Israel Temukan Bongkahan Koin Berusia 1.700 tahun di Tepi Laut Mediterania Timur dari Masa Pra-Islam

Kompas.tv - 13 Agustus 2021, 06:35 WIB
israel-temukan-bongkahan-koin-berusia-1-700-tahun-di-tepi-laut-mediterania-timur-dari-masa-pra-islam
Foto ini menunjukkan sejumlah bongkahan koin berusia 1.700 tahun yang ditemukan di Pantai HaBonim di Mediterania timur, sekitar 25 km sebelah selatan Kota Haifa, Israel utara. (Sumber: Xinhua/Otoritas Kepurbakalaan Israel)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

YERUSALEM, KOMPAS.TV - Arkeolog Israel temukan bongkahan koin berusia 1.700 tahun di pantai pesisir barat Israel, demikian disampaikan Otoritas Kepurbakalaan Israel (Israel Antiquities Authority/IAA) hari Rabu (11/08/2021) seperti dilansir Xinhua, Kamis (12/08/2021).

Bongkahan koin seberat 6 kg itu ditemukan di Pantai HaBonim di Mediterania timur, sekitar 25 km sebelah selatan Kota Haifa di Israel utara.

Koin-koin itu ditemukan sekitar 70 meter dari garis pantai, lokasi yang pada zaman kuno adalah tempat berlabuh alami dan tempat berlindung kapal di tengah badai, atau untuk berlabuh di malam hari.

Koin-koin itu kemungkinan disatukan di dalam kantong kain, dan jenis logam yang digunakan untuk membuat koin-koin itu belum diketahui.

"Akibat oksidasi di lingkungan laut, koin-koin itu menjadi satu dan membentuk bongkahan besar," papar para peneliti.

Mengingat jumlahnya yang banyak, koin-koin itu tampaknya jatuh dari sebuah kapal yang rusak dan dimaksudkan untuk perdagangan, menurut para arkeolog IAA.

Baca Juga: Situs Arkeologi Salah Satu Masjid Tertua Ditemukan Di Tiberias, Dibangun oleh Shurahbil ibn Hasana

Foto ini menunjukkan sejumlah koin berusia 1.700 tahun yang ditemukan di Pantai HaBonim di Mediterania timur sekitar 25 km sebelah selatan Kota Haifa, Israel utara. (Sumber: Xinhua/Otoritas Kepurbakalaan Israel)

Laut Mediterania selalu menjadi lingkungan yang telah melahirkan orang-orang luar biasa yang telah memberikan kontribusi luar biasa bagi perkembangan sejarah dalam filsafat, seni, musik, sastra, sains, dan teknologi.

Peradaban megah telah tersebar di seluruh Cekungan, dari timur ke barat, dari utara ke selatan, dari Mesopotamia ke Mesir, dari Anatolia, Troy ke Makedonia, dari negara-negara kota Yunani ke peradaban Fenisia, dari Kartago ke Roma, dari Baghdad ke Al-Andalus, dari Byzantium ke Kekaisaran Ottoman dan dari Alexandria ke Bologna, dan telah membentuk dasar yang kuat bagi peradaban dunia.



Sumber : Xinhua/United Nations


BERITA LAINNYA



Close Ads x