Kompas TV nasional update

Sebanyak 8,8 Juta Keluarga Bakal Segera Terima Bansos Beras PPKM Tahap II

Kompas.tv - 12 Agustus 2021, 15:00 WIB
sebanyak-8-8-juta-keluarga-bakal-segera-terima-bansos-beras-ppkm-tahap-ii
Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (kedua kanan) di Kantor Pusat Bulog Jakarta, Kamis, memperlihatkan kualitas beras untuk Bantuan Beras PPKM tahap kedua. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) segera menyalurkan bantuan sosial beras PPKM tahap II, setelah selesainya bantuan tahap I. 

Bantuan beras PPKM tahap II ini akan menyasar 8,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Tanah Air, di mana setiap keluarga akan menerima 10 kg beras. 

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengungkapkan pihaknya berkomitmen akan terus memperhatikan kualitas beras yang diberikan dalam penyaluran bantuan beras PPKM.

“Sebagai misi negara, Program Bantuan Beras PPKM adalah tugas yang harus diperjuangkan dengan ketulusan. Kami berjuang agar pelaksanannya berjalan baik, lancar, tepat kualitas dan tepat waktu serta sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan," kata Budi dikutip dari ANTARA, Kamis (12/8/2021).

Budi juga menekankan bahwa penyaluran bantuan sosial beras ini adalah misi negara bukan misi bisnis.

"Jadi bagaimanapun harus sukses karena tujuannya membantu masyarakat yang susah,” dia menegaskan. 

Lebih lanjut dia menjelaskan beras yang digunakan untuk Program Bantuan Beras PPKM ini berasal dari petani, yang dibeli Bulog sesuai Inpres No.5 Tahun 2015 dan disimpan sebagai Cadangan Beras Pemerintah (CBP).

Baca Juga: Bantuan Beras Bagi Warga Kudus Terdampak PPKM

Beras CBP merupakan beras berkualitas medium yang sudah ditentukan kualitas dan harganya berdasarkan perundang-undangan.

Budi mengungkapkan pihaknya ditugaskan untuk menyimpan stok CBP yang berasal dari serapan petani sejumlah 1-1,5 juta ton.

“Salah satu penyaluran CBP tersebut yaitu untuk Program Bantuan Beras PPKM ini. Kalau ini bisa tersalurkan, maka Bulog akan menyerap kembali beras hasil petani untuk menjaga stok CBP tadi,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Budi menuturkan beras yang disalurkan sudah melalui proses pengawasan sebelum dikeluarkan dari gudang sehingga dipastikan memiliki kualitas yang baik, tidak ada kutu, tidak busuk, dan tidak rusak.

Meski demikian, dia tetap mengimbau kepada masyarakat jika menerima beras yang rusak dalam proses perjalanan, maka dapat melapor dan akan langsung diganti dengan beras berkualitas baik.

Untuk diketahui, Pendistribusian beras bantuan PPKM tersebut akan dilakukan oleh PT Pos Indonesia dan perusahaan logistik DNR Corporation.

Sebagai informasi, Bantuan Sosial Beras ditargetkan dapat tersalur secara total ke 28,8 juta keluarga penerima. Adapun sebelumnya pada tahap I telah berhasil disalurkan kepada 20 juta keluarga penerima manfaat.

Baca Juga: Warga Lagi-Lagi Dapat Beras Bansos Tak Layak Konsumsi



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x