Kompas TV entertainment selebriti

Dokter Richard Lee Ditangkap atas Tuduhan Pelanggaran UU ITE, Dilaporkan Kartika Putri

Kompas.tv - 11 Agustus 2021, 23:23 WIB
dokter-richard-lee-ditangkap-atas-tuduhan-pelanggaran-uu-ite-dilaporkan-kartika-putri
Kartika Putri laporkan Richard Lee ke polisi (Sumber: Youtube/dr. Richard Lee, MARS & Instagram/@kartikaputriworld)
Penulis : Dian Nita | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kuasa hukum dokter Richard Lee, Razman Arif, mengungkapkan bahwa kliennya ditangkap atas tuduhan pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) berdasarkan laporan artis Kartika Putri.

Richard Lee telah ditangkap oleh pihak Polda Metro Jaya pada Rabu (11/8/2021) sekitar pukul 07.00 WIB.

"Kasus dokter Richard sedang bergulir di Polda Metro Jaya terkait laporan saudari Kartika Putri," ujar Razman dikutip KOMPAS TV dari instagram pribadinya Rabu (11/8/2021).

"Richard Lee tadi ditangkap pagi sekitar jam 07.00,” tambahnya.

Razman lalu menceritakan kronologi saat kliennya ditangkap. Ia mengaku saat itu dirinya sedang berada di sebuah hotel di Semarang dan hendak terbang ke Jakarta.

Namun, tetiba handphone-nya menerima panggilan oleh nomor yang tidak dikenal. Setelah diangkat ternyata Richard Lee memberitahukan bahwa sedang ditangkap.

Baca Juga: Dokter Richard Lee Ditangkap Paksa Polisi, Ada Apa?

"Saya tanya kasusnya apa, dia bilang ‘polisi katanya mau meminta keterangan dari saya, memeriksa handphone saya terkait dengan pelanggaran UU ITE," ungkapnya.

Setelah itu, Razman bertanya kepada pihak polisi mengenai tujuan datang di kediaman Richard Lee.

"Saya tanya ke Charles dalam rangka apa kalian datang, 'kami datang sesuai dengan perintah tugas memeriksa HP terkait dengan Instagram' dan kemudian saya tanya apakah dokter Richard akan dibawa, (kata penyidik) tidak," ucapnya.

Namun, berselang kemudian Richard Lee diketahui ditangkap di rumahnya di Palembang. Hal itu berdasarkan rekaman istrinya, Reni Effendi yang diunggah di Instagram Story.

Baca Juga: Pengacara Akui Richard Lee Ingin Damai, tapi Tak Gentar jika Kartika Putri Menolak

"Baru hari ini terus ada penangkapan. Ada apa dengan dia? Kalau dia menghina kepala negara, menghina simbol negara, berbahaya bagi negara, terorisme, berbahaya bagi negara, silahkan. Kok sekarang enggak ada. Dia dibawa saya tidak tahu,” kata Razman.

Pernah Berseteru dengan Kartika Putri

Meskipun hingga kini belum ada keterangan resmi mengenai unggahan yang melanggar UU ITE, namun Richard Lee sempat dikabarkan berkonflik dengan Kartika Putri.

Pada 2020 lalu, Richard Lee pernah mengunggah video di Youtube yang membahas tentang skincare abal-abal.

Pakar kecantikan itu lantas secara tak langsung menyinggung skincare yang diendorse Kartika Putri mengandung bahan yang berbahaya.



Sumber : Instagram


BERITA LAINNYA



Close Ads x