Kompas TV regional berita daerah

97 Persen Pasien Covid-19 Meninggal Karena Belum Divaksin

Kompas.tv - 11 Agustus 2021, 12:59 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPASTV - Penyebab kematian pasien Covid-19 di Jawa Tengah 97 persen diantaranya disebabkan karena pasien tersebut belum vaksin. 

Menururt Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Prabowo, angka kematian pasien di Jawa Tengah meski masih tinggi namun relatif telah mengalami penurunan cukup besar. Penyebab kematian tertinggi pasien Covid-19 di Jawa Tengah, 97 persen diantaranya karena pasien belum divaksin dan juga karena ada penyakit penyerta. Dari angka tersebut, 88 persen diantaranya adalah pasien dengan usia di atas 40 tahun. Oleh karena itu, untuk menekan angka kematian, lansia dan pra lansia wajib mendapatkan vaksin karena masuk dalam kelompok rentan. 
 

Ganjar Akan Ubah Pola Vaksinasi 

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo akan mengubah pola pemberian vaksinasi Covid-19 di Jateng dengan memprioritaskan daerah yang memiliki kelompok rentan terbanyak seperti lansia, komorbid, ibu hamil dan difable. Ia akan mengajukan usulan pembagian tugas agar vaksinasi Covid-19 berjalan lebih efektif. "Pemprop mengusulkan, Pemda yang diurusi lansia, komorbid, ibu hamil, difabel, empat ini saja yang diurus dari Pemda. Nanti TNI Polri yang umum, jadi kan enak pembagiannya, biar jelas dan tidak ada kerumunan," jelas Ganjar 

Ganjar meminta kabupaten-kota untuk menyediakan sentra vaksinasi hingga tingkat desa dan kelurahan. Ia juga meminta daerah untuk menggencarkan testing, tracing dan treatment. 

#komorbid #usiarentan #vaksinasicovid


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x