Kompas TV nasional peristiwa

KSAD Andika Hapus Tes Keperawanan Untuk Rekrutmen Korps Wanita Angkatan Darat

Kompas.tv - 11 Agustus 2021, 10:54 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa mengingatkan para pangdam di seluruh Indonesia terkait rekrutmen Kowad. 

rekrutmen prajurit Kowad atau Korps Wanita Angkatan Darat ke depannya tidak lagi harus mengikut tes yang tak relevan. 

Tes yang tak relevan yang dimaksud Andika adalah tes keperawanan. 

Baca Juga: KSAD Andika Marah, Ada Oknum Salahgunakan Anggaran Pendidikan TNI AD

“Jadi untuk kesehatan kita fokus tidak ada lagi pemeriksaan di luar tujuan rekrutmen, seleksinya agar yang diterima bisa mengikuti pendidikan pertama, yang berarti hubungannya dengan mayoritas fisik, oleh karena itu ada beberapa hal-hal yang peserta ini harus penuhi. Tetapi ada juga hal-hal yang tidak relevan, tidak ada hubungannya, dan itu tidak lagi dilakukan pemeriksaan,” jelas KSAD Jenderal Andika dilihat dari tayangan Youtube TNI AD yang diunggah pada 18 Juli 2021. 

KSAD menegaskan pemeriksaan terhadap prajurit Kowad harus sama dengan pemeriksaan kesehatan personel TNI AD pria sesuai dengan tujuan rekrutmen. 

Baca Juga: Mesra Banget! Di Depan Gibran, KSAD Jenderal Andika Perkasa Gandeng Istri

“Nanti rekan-rekan semua akan diberi tahu oleh Kakesdam atau Kepala Rumah Sakit, yang mungkin sudah diberi tahu oleh Kapuskes, ada hal-hal yang tidak perlu lagi dilakukan, dan tidak perlu, tidak boleh karena tidak ada hubungannya,” imbuh Kasad.

Lebih lanjut Andika juga menegaskan terkait persyaratan pengajuan pernikahan personel TNI Angkatan Darat, hanya melakukan pemeriksaan administrasi terkait pernikahan. 

Satuan TNI AD tidak lagi mewajibkan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada calon mempelai.

Video Editor: Lisa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x