Kompas TV nasional politik

Menko Luhut: Presiden Jokowi Panglima Tertinggi Penanganan Covid-19

Kompas.tv - 9 Agustus 2021, 22:40 WIB
menko-luhut-presiden-jokowi-panglima-tertinggi-penanganan-covid-19
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Presiden Jokowi panglima tertinggi penanganan Covid-19. (Sumber: KOMPAS.COM/ WISNU WIDIANTORO)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menekankan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah panglima tertinggi penanganan Covid-19.

Luhut juga mengatakan, penanganan pandemi saat ini sudah cukup baik di tangan Presiden Jokowi.

“Dengan struktur saat ini, menurut hemat saya penanganan sudah sangat baik, karena Presiden menjadi panglima tertinggi dalam penanganan Covid-19,” kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (9/8/2021).

Ia menyebut, dirinya bertugas sebagai Koordinator PPKM Jawa-Bali layaknya komandan wilayah yang bertanggung jawab pada Presiden Jokowi.

Baca Juga: PPKM Level 4 Diperpanjang Sampai 16 Agustus di Jawa-Bali

“Sementara, Menko Perekonomian dan saya adalah sebagai komando wilayah atau lapangan sebagai organisasi di militer,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menjadi penanggung jawab penanganan Covid-19 di luar Jawa-Bali. Sementara, Menko Luhut menangani Satgas Covid-19 di Jawa-Bali.

Dalam kesempatan itu, Luhut menekankan pula bahwa pemerintah telah mempertimbangan banyak aspek dalam memutuskan perpanjangan PPKM pada 10 Agustus-16 Agustus 2021.

“Setiap langkah yang pemerintah ambil tentunya sudah mempertimbangkan berbagai aspek serta masukan-masukan dari berbagai ahli sesuai bidangnya,” kata Luhut.

Ia juga menolak menyamakan penanganan Covid-19 di Jawa-Bali dengan di wilayah Indonesia lain.

“Penanganan di luar Jawa-Bali tentunya tidak bisa dibandingkan dengan Jawa-Bali. Tantangan di luar Jawa-Bali lebih besar dari tantangan di Jawa-Bali tentunya dari infrastuktur kesehatan."

Luhut menyebut, pemerintah terus bekerja mengatasi penularan Covid-19 agar Indonesia dapat melalui pandemi.

“Pemerintah akan terus bekerja keras untuk mengendalikan pandemi Covid-19 di seluruh Indonesia,” ujarnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x