Kompas TV tekno aplikasi

Layanan Ponsel Android Lawas akan Distop, Apa Tujuan Google?

Kompas.tv - 7 Agustus 2021, 09:46 WIB
layanan-ponsel-android-lawas-akan-distop-apa-tujuan-google
Ilustrasi ponsel dengan OS Android lawas. (Sumber: YouTube/ Fala Vertao)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Baru-baru ini, pengguna sistem operasi (OS) Android lawas menerima email dari Google yang berisi peringatan agar melakukan upgrade ke versi yang lebih baru.

Outlet elekronik 91mobiles melaporkan, mulai 27 September 2021, Google akan menghentikan layanannya untuk ponsel Android versi 2.3.7 atau yang lebih lawas.

"Untuk tetap bisa menggunakan aplikasi (dari) Google di ponsel ini (Android lawas), mesti update ke Android versi 3.0 Honeycomb atau yang lebih baru," tulis Google dalam surat elektronik (surel) resminya.

Lebih lengkapnya, berikut daftar OS Android yang tidak bisa lagi mengakses Google mulai 27 September mendatang.

  • 1.0, 1.1, 1.5 Cupcake
  • 1.6 Donut
  • 2.0 Eclair
  • 2.2 Froyo
  • 2.3 Gingerbread

Baca Juga: Google Umumkan Ponsel Android Ini Tak Bisa Digunakan Lagi untuk Login Layanannya

Dengan demikian, jika tidak melakukan pembaruan, pengguna OS Android lawas tersebut akan kehilangan akses ke YouTube, Drive, Maps, Gmail, Play Store, dan layanan Google lainnya.

Lalu, yang tak kalah penting untuk diketahui bersama dari keputusan tesebut adalah tujuan atau maksud Google.

Keputusan Google menghentikan akses bagi pengguna OS Android lawas memiliki tujuan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna.

Menurut laman dukungan Google, pengguna OS Android versi lama akan menerima pemberitahuan "username or password error'" saat mengoperasikan beberapa perintah di ponselnya.

Baca Juga: Google Rilis Android 12 Versi Beta, Ini Fitur-Fitur Terbarunya

Mulai dari menambahkan atau membuat akun Google, melakukan factory reset, mencoba masuk ke akun Google, hingga upaya mengubah password akun Google.

Meski begitu, Google menjelaskan, pengguna OS Android versi lama tetap bisa menggunakan layanannya seperti Search, Drive, dan Gmail melalui borwser web bawaan atau yang lain.

Sebagaimana diberitakan Kompas.com, Senin (2/8/2021), kebijakan ini berpotensi hanya akan memengaruhi sebagian kecil pengguna Google.

Karena OS Android versi 2.3.7 Gingerbread pertama kali dirilis pada 2010, sedangkan Google telah merilis versi beta dari Android 12 pada tahun 2021.



Sumber : Kompas.com/91mobiles


BERITA LAINNYA



Close Ads x