Kompas TV tekno aplikasi

Google Rilis Android 12 Versi Beta, Ini Fitur-Fitur Terbarunya

Kompas.tv - 19 Mei 2021, 17:16 WIB
google-rilis-android-12-versi-beta-ini-fitur-fitur-terbarunya
Android 12 memiliki tampilan baru dengan bahasa desain Material You. (Sumber: Google)
Penulis : Fadhilah | Editor : Deni Muliya

KOMPAS.TV - Google meluncurkan Android 12 pada ajang Google I/O yang digelar secara online pekan ini.

Android 12 yang masih berstatus beta preview ini memiliki sejumlah fitur terbarunya. 

Sistem operasi itu dibekali sejumlah fitur baru dan beberapa peningkatan, khususnya di bagian desain yang kini tampil lebih simpel dengan perpaduan warna solid.

Google menyebut bahasa desain baru di Android 12 sebagai "Material You".

Baca Juga: Aplikasi Clubhouse Versi Android Bakal Rilis Minggu Ini

Mengutip KompasTekno, pengguna dapat mengubah tampilan OS Android dengan sejumlah warna yang tersedia.

Jika pengguna memilih salah satu wallpaper, nantinya sistem akan secara otomatis menentukan warna apa yang dominan dan terlihat bagus untuk ditampilkan.

Warna-warna itu nantinya juga akan diterapkan di layar notifikasi, lock screen, menu pengaturan volume, widget, dan lainnya, sehingga tampilan antarmuka secara keseluruhan terlihat senada. 

"Kemampuan ini dihasilkan berkat kolaborasi antara tim perangkat lunak, perangkat keras, dan tim desain material kami. Kami menyatukan ekosistem perangkat lunak dan perangkat keras kami di bawah satu bahasa desain," kata Google dalam sebuah posting blog.

Selain desain tampilan, Google turut meningkatkan kinerja Android 12 untuk membuat perangkat jadi lebih responsif dan irit daya.

Penerus Android 11 ini diklaim mampu mengurangi beban kerja prosesor (CPU) hingga 22 persen, serta menghemat penggunaan server sistem hingga 15 persen.

Baca Juga: Alasan Apple Kenapa iMessage Tak Hadir di Android

Andoid 12 juga membawa perubahan pada desain notifikasi.

Bayangan notifikasi kini menampilkan aplikasi apa pun yang sedang dibuka oleh pengguna, seperti ketika mendengarkan lagu atau menonton video.

Menu Quick Settings juga memungkinkan pengguna dapat mengontrol seluruh opsi hanya dengan mengusap dan mengetuk satu kali.

Pengguna juga bisa memanfaatkan Asisten Digital dengan cara menekan lama tombol daya untuk melakukan panggilan telepon, membuka aplikasi, mengajukan pertanyaan, atau membacakan artikel.

Tidak hanya itu, Google juga turut menyematkan sejumlah fitur privasi baru ke dalam aplikasi untuk memberi pengguna lebih banyak transparansi dan kontrol terhadap data pribadi mereka.

Selain itu, Google juga mengubah sedikit desain dari kotak perizinan aplikasi ketika ingin mengakses data seperti lokasi, mikrofon, kamera, dan sebagainya.

Baca Juga: Teknologi Terapi Berbasis Android untuk Penanganan Pasien Post Covid-19 Dipamerkan di UMY



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x