Kompas TV regional berita daerah

Pengusaha Sound System Jual Murah di Pinggir Jalan

Kompas.tv - 6 Agustus 2021, 15:54 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SALATIGA, KOMPAS.TV - Pengusaha jasa rental sound system di Kota Salatiga, Jawa Tengah, memilih menjual alat yang menjadi modal usaha mereka di pinggir jalan, karena sepi order selama dua tahun terakhir. Alat-alat sound system tersebut dijual diakuinya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Aneka peralatan sound system yang dijual diantaranya box, speaker, mixer, mikrophone hingga genset. Dengan menggunakan  mobil pick up, para pengusaha  memasang  spanduk bertuliskan, dijual alat-alat sound, di Jalan Lingkar Salatiga.

Aksi jual alat ini dilakukan secara bersamaan oleh para pengusaha sound system, dikarenakan mereka memiliki permasalah yang sama, yaitu tidak adanya pendapatan, selama kurun waktu hampir dua tahun terakhir, disebabkan pandemi.

Karena banyak pengusaha sound system  yang juga berniat menjual modal usaha miliknya, merekapun secara bersama-sama membuka lapak di pinggir jalan.

Sebelum pandemi, untuk sekali order minimal mereka bisa mendapatkan biaya sewa sound system mencapai 1 juta rupiah. Namun jika penyewa butuh spesifikasi tertentu, harga sewa bisa lebih mahal, tergantung permintaan konsumen. Namun kini, karena sepi order, mereka kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehingga terpaksa menjual modal usaha mereka berupa perangkat sound system.

Usaha sewa sound system di saat pandemi Covid-19 adalah masa terberat, karena ada larangan dari pemerintah terkait kerumunan massa. Padahal jasa sewa sound system ini berkaitan erat dengan dunia hiburan mulai dari hiburan musik, reog, hingga aneka hajatan, yang selalu dipadati massa.

Dengan prinsip yang penting laku, para pengusaha ini rela menjual sound systemnya dengan harga murah. 

#soundsystem #pandemi #modalusaha



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x